Pemerintah Kabupaten Banjar terus berupaya mengejar target vaksinasi 70 persen anggota masyarakat sesuai angka yang ditetapkan pemerintah pusat guna membentuk kekebalan kelompok mencegah COVID-19.

Bupati Banjar Saidi Mansyur di Kota Martapura, Sabtu mengatakan, upaya yang dilakukan adalah meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak sehingga diharapkan bisa mencapai target vaksinasi tersebut. 

"Langkah yang kami lakukan adalah berkoordinasi dengan Forkopimda bersama Kapolres Banjar AKBP Doni Hadi Santoso dan juga Dandim 1006/Banjar Letkol Inf Imam Muchtarom," ujar bupati. 

Disebutkan, koordinasi bersama unsur Forkopimda Banjar dilakukan bersama camat, kapolsek, danramil dan kepala Puskesmas untuk menyosialisasikan pelaksanaan vaksinasi yang terus dilakukan Pemkab Banjar. 

Ia mengatakan, capaian vaksinasi di Kabupaten Banjar hingga tanggal 17 Desember 2021 baru mencapai 41,66 persen sehingga masih harus dikejar hingga akhir bulan Desember 2021 yang tinggal beberapa hari lagi. 

"Kita semua harus bekerja keras dan maksimal memanfaatkan sisa waktu 13 hari menjelang akhir Desember dan kami minta seluruh pihak terkait agar saling mendukung pelaksanaan vaksinasi," ucap Saidi. 

Ditekankan, sesuai arahan yang telah disampaikan melalui rapat koordinasi bersama Forkopimda, pelaksanaan vaksinasi dilakukan setiap hari dengan target mencapai 5.000 orang sehingga bisa mengejar target yang ditetapkan. 

"Jadwal pelaksanaan vaksinasi harus dilakukan setiap hari dan tidak boleh ada hari yang kosong. Tetapkan titik sasaran dan target vaksinasi sehingga bisa diketahui pencapaian harian dan dapat di evaluasi hasilnya," ujar dia. 

Dikatakan, pihaknya juga meminta Puskesmas buka setiap hari termasuk hari Sabtu dan Minggu sampai akhir tahun guna kelancaran percepatan vaksinasi dan semuanya harus saling mendukung pencapaian vaksinasi.

"Bagi semuanya, tidak ada lagi istilah kerja sendiri-sendiri, karena semua harus bergerak guna mencapai target dan hadiah umroh juga disediakan untuk menarik minat masyarakat mau divaksin," katanya. 

Sementara itu, rakor percepatan vaksinasi diikuti secara virtual Waka Polres Banjar, PJU Polres Banjar, Kepala Dinkes Banjar, Kepala BPBD Banjar, Kasi Ops Kodim 1006/Banjar, kapolsek, danramil dan Forkopimcam.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021