Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Perajin anyaman di Desa Sei Anyar dan Desa Taratau, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mendapatkan bantuan peralatan untuk meningkatkan produksi kerajinan lokal.


Kepala Dinas Peridustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Tabalong Birhasani di Tanjung, Jumat, mengatakan bantuan peralatan itu berupa alat penumbuk purun, pemintal tali, mesin jahit anyaman purun hingga mesin bubut.

"Pemerintah Daerah terus mengupayakan peningkatan produksi kerajinan lokal seperti anyaman bambu melalui dukungan bantuan peralatan bagi kelompok usaha bersama di Kecamatan Banua Lawas dan Jaro," jelas Birhasani.

Kerajinan anyaman bambu dari Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Sinar Bambu Desa Taratau maupun KUBE Cahaya Pelita Desa Sei Anyar sudah cukup terkenal di wilayah ini bahkan pernah mengikuti pameran tingkat provinsi Kalimantan Selatan.

Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Tabalong juga memberikan bantuan dana sosial untuk koperasi Al Barokah.

Dari Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) berupa bantuan Hand Seller kepada Koperasi AL Yakin yang menyediakan berbagai produk makanan dan minuman kemasan.

"Untuk usaha mikro, kecil dan menengah kita juga tetap memberikan pembinaan dan perhatian intensip dari semua instansi terkait, perbankan maupun pelaku usaha menengah dan besar," tambah Birhasani.

Melalui pembinaan diharapkan para pelaku usaha menengah maupun kecil bisa naik derajatnya sesuai visi Tabalong Menuju Masyarakat yang Agamis, Sejahtera dan Mandiri.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015