Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Kalimantan Selatan terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi bagi kalangan pelajar dan para santri pada pondok pesantren di Kabupaten Balangan.

"Vaksinasi massal ini digelar tidak terlepas dari upaya BIN dalam menindaklanjuti arahan  Presiden RI Joko Widodo dan Kepala BIN Jend (Purn) Budi Gunawan dalam rangka mempercepat cakupan vaksinasi untuk membentuk kekebalan komunal," kata Kepala BINDA Kalsel, Brigjen Pol. Heri Armanto Sutikno melalui Posda BIN di Kabupaten Balangan, Senin.

Pelaksanaan vaksinasi massal ini sendiri, dia melanjutkan, berlangsung sejak 13 hingga 18 Desember mendatang yang akan dilaksanakan dibeberapa tempat di wilayah Balangan.

“Untuk pertama kali kita gelar di SMAN 1 Paringin dan terakhir nanti di SMKN 1 Batumandi serta Ponpes Nurul Muhibbin,” ujarnya disela kegiatan vaksinasi.

Kegiatan vaksinasi massal dengan target 1000 dosis ini, tambahnya, bekerjasama dengan Dinkes Balangan, yaitu dengan sasaran utama para pelajar dan santri serta juga masyarakat umum.

Kerjasama vaksinasi massal ini, menurutnya, merupakan bentuk kolaborasi dalam penanganan pandemi COVID-19 yang saat ini masih berlangsung.

“Kolaborasi lintas sektoral menjadi faktor penentu suksesnya program vaksinasi COVID-19 di daerah, kerjasama antara Pemerintah Daerah hingga level terbawah, TNI-POLRI, Badan Intelijen Negara (BIN), tokoh masyarakat, hingga peran media yang saling bahu membahu mengedukasi masyarakat akan pentingnya vaksin untuk kekebalan tubuh,” jelasnya.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang masih belum mengikuti vaksinasi, agar secara sadar untuk segera mendatangi tempat atau gerai vaksin yang telah difasilitasi banyak pihak, demi keamanan dan kesehatan bersama.

Sementara itu, Plt Kepala BPBD Kabupaten Balangan sekaligus H Rahmi sangat mengapresiasi atas terlaksananya vaksinasi massal yang digelar BINDA Kalsel ini.

Terlebih menurutnya, capaian angka vaksinasi di Balangan belum mencapai angka target, saat ini capaian angka vaksinasi Balangan untuk dosis satu baru 61,08 persen dan dosis dua sebesar 32,14 persen.

“Kita terus berupaya agar sebelum akhir Desember target angka vaksinasi tercapai, dan terus mengimbau masyarakat agar ikut vaksinasi,” pungkasnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021