Badan Intelijen Negara Daerah Daerah (BINDA) Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali melaksanakan vaksinasi dengan target 1.000 dosis sasaran di beberapa titik di Kecamatan Kandangan, pencapaian sasaran target dilakukan dengan melakukan kolaborasi pentahelix yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Kepala BINDA Kalsel, Brigjen Pol. Heri Armanto Sutikno, melalui Kaposda BIN HSS, Hartono, di Kandangan, Kamis (9/12), mengatakan kolaborasi pentahelix bersama lima unsur penggerak di daerah, yaitu pemerintah daerah hingga level terkecil, pihak kampus dan akademisi, pengusaha, komunitas masyarakat hingga media.

"Baik dalam pemetaan dan pengerahan sasaran, dukungan vaksin dan Tenaga Kesehatan (Nakes), serta publikasi yang sekaligus mengedukasi masyarakat, guna memaksimalkan kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan," katanya, saat memberikan keterangan.
 
Fasilitasi vaksinasi BIN Kalsel di beberapa titik di Kecamatan Kandangan, HSS (Antara/Fathur)


Baca juga: Gara-gara BIN makin banyak sekolah tuntaskan dosis dua

Dijelaskan dia, BINDA Kalsel juga mengajak para ketua RT di seluruh daerah agar aktif mendata warga yang belum divaksin, untuk dihimpun secara berjenjang oleh RW hingga lurah dan kepala desa, sehingga dapat terpetakan dan memudahkan dalam pelaksanaan vaksinasi.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang masih belum mengikuti vaksinasi, agar bisa vaksin, demi keamanan dan kesehatan bersama. Mengajak agar secara sadar, untuk menuju dan mengikuti vaksinasi ke tempat vaksinasi yang telah ditetapkan pemerintah, baik itu pemerintah daerah, TNI, Polri dan juga BIN.

Vaksinasi ini kembali ditegaskan sebagai dukungan kebijakan Presiden RI dan Kepala BIN RI, pada kegiatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity sebesar 70 persen sampai akhir Desember 2021 dapat tercapai.

"Selain itu, juga bentuk dukungan kebijakan vaksinasi bergerak Gubernur Kalsel dalam rangka percepatan capaian vaksinasi, maka BINDA Kalsel kembali hari melaksanakan vaksinasi di HSS, dengan target 1.000 dosis sasaran, di beberapa titik di wilayah Kecamatan Kandangan," katanya.
 
Fasilitasi vaksinasi BIN Kalsel di beberapa titik di Kecamatan Kandangan, HSS (Antara/Fathur)


Baca juga: Kembali vaksinasi dari rumah ke rumah BIN Kalsel sasar 680 warga HSS

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Kandangan Kota,  H M Ridwan Fani mengatakan terimakasih kepada Presiden RI dan BIN Kalsel yang telah menyelenggarakan vaksinasi di wilayah Kecamatan Kandangan.

Pihaknya yang berhadir bersama Lurah Kandangan Utara, Akhmad Saidilah dan Lurah Jambu Hilir, Ashfia Rohaman, sangat mengapresiasi kegiatan vaksinasi dari BIN Kalsel kepada warga masyarakat.

"Semoga dengan vaksinasi ini bisa memutus mata rantai penyebaran COVID-19, dan kita bisa beraktivitas normal serta ekonomi masyarakat pulih kembali," katanya.
 
Fasilitasi vaksinasi BIN Kalsel di beberapa titik di Kecamatan Kandangan, HSS (Antara/Fathur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021