Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) siap dukung penuh Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Khair Barabai ikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Nasional.
 
Dukungan tersebut disampaikan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) HST Muhammad Yani saat rapat koordinasi bersama lintas sektoral persiapan mengikuti LSS tingkat Nasional di ruang Sekda setempat. "Kami optimis juara, minimal masuk tiga besar di tingkat nasional," ujarnya, Selasa.
 
Jajaran Pemkab HST juga melaksanakan monitoring sekaligus pembinaan dan pendampingan ke SDIT Al Khair pada Rabu (8/12) yang dihadiri oleh Aissten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra sekaligus Ketua Harian UKS Kabupaten HST, Ainur Rofiq, jajaran Dinas Kesehatan, TP PKK, Camat, Lurah, dan lintas sektoral lainnya.
 
Ia menambahkan, pihak melihat langsung melihat langsung kondisi sekolah dan memberikan beberapa masukan untuk menunjang kesiapan sekolah.
 
"Monitoring dilakukan dari berbagai item. Mulai dari kondisi kebersihan sekolah, taman, kantin makanan ringan (cemilan sehat) dan kantin makanan berat serts beberapa item lainnya," terangnya.
 
Dalam hal ini, rencana ke depan akan dilaksanakan beberapa pembinaan pada para penyedia makanan di kantin makanan ringan (cemilan sehat) dan juga pembinaan berupa pelatihan penyajian makanan bagi para penyedia kantin makanan berat.
 
Selain itu, untuk peguatan dalam pembinaan Dokcil (Dokter kecil), rencananya akan dilaksanakan latihan mingguan secara rutin yang akan dipandu oleh Dinas Kesehatan maupun Puskes Awang Besar kepada para Dokcil.
 
Kemudian akan dilakukan pengimbasan kepada seluruh siswa oleh para Dokcil. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar seluruh siswa secara merata mampu melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta mengetahui beberapa pengetahuan kesehatan lainnya.
 
Kasi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes HST Priyo Wibisono mengungkapkan, bahwa SDIT Al Khair memiliki keunggulan dan beberapa inovasi yang bisa dibawa ke tingkat nasional.
 
"Kita punya keunggulan pelaksanaan prokes yang ketat, Dokcil yang aktif dan adanya edukasi germas melalui media Radio Swara Al Khair serta beberapa inovasi lainnya," ujarnya.
 
Sedangkan, Kepala Sekolah SDIT Al Khair Muhammad Amin berharap, dengan adanya kerjasama dan dukungan penuh dari pemerintah daerah yang terus berlanjut, semoga mendapatkan hasil sesuai harapan, serta dapat meningkatkan pendidikan dan kesehatan di Kabupaten HST.
 
Ia menerangkan, SDIT Al Khair sebelumnya telah mendapatkan Juara 1 LSS di tingkat provinsi dan akan melaju ke tingkat nasional di tahun 2022 mendatang.
 
"Tentunya, begitu banyak yang hal harus dipersiapkan menuju tingkat nasional, karena untuk menjadi sekolah yang diakui sehat secara Nasional bukan hal yang mudah," tukasnya.
 
Oleh karena itu, dengan berbagai pertimbangan dan hal ini juga merupakan salah satu upaya dalam mengharumkan nama baik sekolah dan secara umum Kabupaten HST.

Baca juga: Juarai lomba sekolah sehat tingkat provinsi, SDIT Al-Khair melaju ke nasional
Baca juga: SDIT Al-Khair Barabai wakili HST pada lomba sekolah sehat tingkat provinsiBaca juga: PAUD dan MAN di Barabai ini Juara 1 lomba sekolah sehat se-Kalsel

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021