Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Islam Terpadu (IT) Al-Khair Barabai dan MAN 1 HST berhasil menjadi Juara pertama pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Tahun 2019.

Penyerahan hadiah dilaksanakan pada malam puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang bertempat di salah satu hotel di Banjarmasin, Rabu (20/11).

LSS sendiri merupakan ajang perlombaan yang digelar oleh Biro Kesra Pemprov Kalsel, untuk menilai prestasi sekolah maupun madrasah dalam melaksanakan dan pengelolaan Sekolah yang bersih dan sehat.

Kepala Sekolah PAUD IT Al-Khair Barabai, Susilawati mengungkapkan sangat senang bisa membawa sekolahnya mewakili HST meraih juara LSS di tingkat provinsi.

"Seakan mimpi di siang hari, karena kami tidak berharap menjadi juara tapi hanya berusaha melakukan yg terbaik yang kami bisa," ungkapnya.

Menurutnya, berawal dari nol, PAUD IT Al-Khair mencoba terus berbenah, dari yang hanya tau nama dan singkatan UKS, sedikit-sedikit makin dijalani dan mulai mendapat pencerahan bagaimana UKS dan sekolah sehat yang seharusnya.

"Banyak persiapan yang kami lakukan, terutama tentang keutamaan memahami instrument kemudian memetakannya dan membagi job description agar jelas apa yg mesti kita lengkapi, siapa yg bertanggungjawab dan kapan perkiraan harus selesai," jelasnya.

Dia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dan mensupport kegiatan ini, termasuk pihak yayasan al-Futuwwah Barabai.

Kemudian kepada para mentor perlombaan yang telah sabar dan tak kenal lelah mengarahkan PAUD IT Al Khair untuk menjadi lebih baik lagi.

"Terima kasih juga kepada Bupati HST, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Camat Barabai, Tim Penggerak PKK Kabupaten HST dan Kecamatan Barabai, Dinas Lingkungan Hidup serta instansi terkait lainnya yg telah  memberikan dukungan luar biasa dan kesempatan kepada kami untuk terus berkarya," katanya.

Dia berharap, semoga menjadi investasi amal shaleh dan bisa menginspirasi banyak sekolah lainnya.

Berikut daftar penerima penghargaan yang diterima HST pada Hari Kesehatan Nasional tingkat Provinsi Kalsel Tahun 2019 :

1. Anugerah Penyelenggara Kesehatan Terbaik 3
2.Perawat Teladan terbaik 3 atas nama Ahmad Zulfikri dari Tandilang
3. Sanitarian Teladan terbaik 2 atas nama Ruhibah dari Kalibaru
4. Juara 1 Sekolah Sehat tingkat PAUD yaitu IT Al Khair Barabai
5. Juara 1 Sekolah Sehat tingkat SMA Sederajat yaitu MAN 1 HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2019