Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Khair Barabai berkesempatan mewakili sekolah dasar di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Sekolah SDIT Al-Khair Muhammad Amin, Rabu (13/10) di Barabai. "Hari ini di Auditorium Kantor Bupati kami juga akan mengikuti seleksi administrasi, verifikasi data profil secara virtual melalui zoom meeting," katanya.

Menurutnya, lomba sekolah sehat tersebut akan dilaksanakan pada pekan mendatang namun untuk jadwal masih tentative. "Pembinaan dan advokasinya dilaksanakan pada hari ini untuk wilayah kota Banjarmasin, Kabupaten Tala, Banjarbaru, Batola, Tabalong, HSS dan HST," kata Amin.

Ia menyebutkan, hal-hal yang dinilai dalam lomba sekolah sehat tersebut diantaranya penilaian dari tim pembina UKS kabupaten yaitu dari puskesmas Awang Besar. Yang dinilai adalah aspek kebersihan sarana/prasarana kelas, ruang guru, kantin, toilet, air bersih, tempat cuci tangan, tempat ibadah, kondisi tempat sampah dan UKS.

"Selain itu juga dilakukan penilaian terhadap perilaku kesehatan anak didik, diantaranya pengetahuan tentang UKS dan perilaku hidup bersih serta sehat dan penilaian terhadap pelaksanaan pelayanan kesehatan, seperti kegiatan BIAS, Penjaringan Kesehatan dan lain sebagainya.

"Untuk mempersiapkan segala sesuatunya, kami bekerjasama dengan Dinas kesehatan melalui puskesmas Awang Besar untuk terus memberikan pembinaan ke sekolah kami dengan melibatkan instansi terkait lainnya seperti DLHP, TP PKK, Kecamatan dan lainnya," katanya.

Dengan terlaksananya lomba sekolah sehat tahun 2021 ini Ia berharap somoga bisa mendapatkan juara dan mengajak semua pihak untuk ikut serta menjadikan SDIT Al Khair Barabai untuk sebagai sekolah sehat dan dapat menjadi contoh serta memberikan motivasi bagi sekolah-sekolah khususnya di kabupaten HST.

Baca juga: A private school in Barabai allows students take a nap
Baca juga: School in Barabai shares 1100 sacrificial meat without plastic
Baca juga: Tim Satgas COVID-19 Kecamatan Barabai monitoring PTM dan sosialisasi SAPAKU di SMPIT Al-Khair

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021