Penyerapan dana yang dialokasikan untuk program vaksinasi di Kabupaten Banjar mencapai 64 persen atau terserap sebesar Rp11,6 miliar dari total anggaran yang disiapkan sebesar Rp18,2 miliar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar Mokhamad Hilman di Mantapura, Selasa mengatakan, data tercatat di BPKAD Kabupaten Banjar realisasi anggaran untuk program vaksinasi sebesar Rp11,6 miliar.

"Besaran anggaran yang sudah digunakan cukup berimbang dengan jumlah warga yang divaksinasi dan Pemkab memang mengalokasikan anggaran cukup besar mendukung program vaksinasi," ujarnya. 

Ia mengatakan, Pemkab Banjar bersama jajaran Kodim 1006 Banjar dan Polres Banjar, terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Banjar dengan tujuan membentuk kekebalan kelompok (herd immunity). 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dr Diauddin mengatakan, sejak terbitnya surat instruksi dari Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Banjar tentang percepatan vaksinasi, setiap hari dilaksanakan program vaksinasi. 

"Cakupan vaksinasi masyarakat di Kabupaten Banjar sudah mencapai 31,25 persen dengan jumlah penduduk yang divaksin sebanyak 138.207 orang dari target 442 ribu sasaran warga yang harus divaksin," ujarnya. 

Dikatakan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak terus berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi dan jika target 442 ribu hendak dicapai maka dalam satu hari rata-rata 4 ribu warga yang harus divaksinasi.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021