Martapura, (Antaranews Kalsel) - Prestasi yang telah di ukir oleh Pemerintah Kabupaten Banjar dalam beberpa tahun terakhir dibidang infrastruktur, pertanian, perikanan dan perdagangan sarta lainnya mampu menjadi daya tarik (magnet) tersendiri bagi pihak pemerintah provinsi kabupaten dan kota lain di Nusantara untuk berkunjung sekaligus mempelajari pembangunan yang telah dilaksanakan di Kabupaten Banjar.


Kali ini Kabupaten Banjar kembali kedatangan tamu dari Pulau Sumatera yaitu dari Kabupaten Solok Selatan Provinsi Sumatera Barat dan  Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh.

Kedatangan rombongan dua kabupaten di Pulau Sumatera tersebut langsung disambut langsung oleh Penjabat Bupati Banjar Rachmadi Kurdi, Sekda Banjar Nasrunsyah , Assisten II Setda Banjar H Masruri, Anggota DPRD Banjar serta lainnya di Mahligai Sultan Adam Martapura Rabu, (9/9).

Ketua rombongan Kabupaten Solok Selatan, Penjabat Bupati Erizal mengatakan, tujuan kedatangan mereka ke Kabupaten Banjar adalah ingin mengetahui beberapa hal, terutama tentang bagaimana mengelola wisata dan batu mulia di Kabupaten Banjar.

Karena nama Kabupaten Banjar di sektor wisata seperti Pasar Terapung Lok Baintan dan nama penggosokan batu mulia khususnya Batu Permata Intan Banjar sudah sangat terkenal di tingkat nasional maupun internasional.

Oleh karena itu Erizal berharap Pihak Pemkab Banjar berkenan memberikan strateginya agar nantinya pihak Pemkab Solok Selatan mendapatkan pengetahuan yang berharga dalam membantu pertumbuhan pembangunan masyarakat Solok Selatan.

Sementara itu pihak Pemkab Aceh Singkil sangat tertarik dengan budi daya ikan tambak dan keramba atau jala apung di Kabupaten Banjar, yang memberikan kontribusi besar kepadsa kesejahteraan masyarakat Kabupaten Banjar sendiri .

Oleh karena itu rombongan yang dipimpin oleh Anggota DPRD Kabupaten Aceh Singkil  H Merayan , berminat untuk mempelajari tata cara pembuatan keramba atau jala apung.

"Sebab secara geografis wilayah Kabupaten Aceh Singkil tidak berbeda jauh dengan geografis Kabupaten Banjar," ungkap Merayan.

Untuk itu Pj. Bupati Banjar Rachmadi Kurdi saat menyambut mereka semua mengucapkan, terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungannya di Kabupaten Banjar.

"Merupakan suatu kehormatan bagi kami, Pemkab Banjar, menerima anda sekalian yang terhormat," ungkap Rachmadi Kurdi.

Oleh karena itu  Rachmadi Kurdi menghimbau kepada SKPD Lingkup Pemkab Banjar  untuk melayani dan membantu mereka semua yang ingin mengetahui beberapa hal terkait Kabupaten Banjar.

Dengan ini, Rachmadi berharap setelah kepulangannya nanti ke Sumatera, pihak Pemerintah Solok Selatan dan Kabupaten Aceh Singkil mendapatkan sesuatu yang terbaik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerahnya masing-masing .(ronie/yani/e)

Pewarta: Asmuni

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015