Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Ribuan pelamar lulusan perguruan tinggi negeri maupun swasta di Kalimantan Selatan bersaing untuk menjadi tenaga kontrak di Dinas Pendapatan Daerah provinsi setempat.

Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kalsel Gustafa Yandi di Banjarbaru, Kamis mengatakan, jumlah pelamar yang mendaftar 7-9 September 2015 sebanyak 3.390 orang.

"Jumlah pelamar yang mendaftar di luar dugaan kami, apalagi mencapai tiga ribu orang lebih," ujar Yandi didampingi Ketua tim penerimaan tenaga kontrak Ahmad Fauzi Saifuddin.

Menurut Fauzi yang juga menjabat Sekretaris Dispenda Kalsel itu, jumlah formasi yang disiapkan sebanyak 60 orang dan jika lulus ditempatkan pada Unit Pelayanan Pendapatan Daerah.

Dijelaskan, UPPD Dispenda Kalsel tersebar pada 13 kabupaten dan kota sehingga pelamar yang dinyatakan lulus akan ditempatkan sesuai lokasi yang diinginkan pelamar.

"Formasi sebanyak 60 orang itu dibagi pria sebanyak 27 orang dan wanita 33 orang yang ditugaskan sebagai petugas pelayanan wajib pajak (front office)," ucapnya.

Disebutkan, status pelamar jika sudah lulus dan menjalankan tugas di UPPD Dispenda Kalsel yang tersebar pada 13 kabupaten/kota yakni tenaga kontrak tahunan.

"Status pelamar yang lulus sebagai tenaga kontrak pelayanan wajib pajak yang aktif bekerja pada UPPD setiap daerah terhitung mulai tanggal 1 Oktober 2015," ujarnya.

Dikatakan, sesuai jadwal seleksi administrasi dilaksanakan tanggal 10 September disusul pengumuman bagi kelulusan tanggal 11 September yang akan ditempel di papan pengumuman.

"Selama empat hari sejak 16-19 September 2015, pelamar yang lulus mengikuti tes pengetahuan dan keterampilan yang menjadi penentu kelulusan," katanya.

Sementara itu, pengumuman penerimaan tenaga kontrak pelayanan Dispenda Kalsel itu sempat dikeluhkan karena adanya pengumuman berbeda di internet dan media sosial.

Perbedaan tersebut membuat calon pelamar kecewa karena pemasukan lamaran berbeda tanggalnya antara yang di internet dan media sosial dengan pengumuman resmi.

"Pengumuman resmi hanya pada dua koran lokal yang terbit tanggal 3 September 2015 dan pengumuman di kantor Dispenda Jalan Aneka Tambang Banjarbaru," kata Fauzi.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015