Personel Polsek dan Koramil Kecamatan Juai bersama warga sekitar membersihkan sampah-sampah di sungai pascabanjir yang baru-baru ini terjadi.

Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, melalui Kapolsek Juai Ipda Paisal Kadapi menyampaikan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan secara gabungan ini diikuti oleh angota TNI, Personel BPBD Balangan, aparat desa dan warga setempat.

"Salah satu desa yang kami bersihkan adalah Desa Marias RT 04. Kami secara bersama bahu-membahu untuk membersihkan tumpukan sampah yang menumpuk di bawah jembatan yang menjadi penghubung antar desa," kata dia di Paringin, Jum'at.

Dia melanjutkan, terkait adanya beberapa desa di wilayahnya yang juga mengalami musibah banjir, pihaknya telah memerintahkan kepada masing-masing anggota Bhabinkamtibmas untuk selalu aktif membantu masyarakat yang terkena musibah.

Selan itu ucapnya, kegiatan gotong royong ini merupakan semangat kebersamaan pihaknya untuk membangun kembali sarana dan prasarana yang rusak pascabanjir di Kecamatan Juai, dengan harapan kembali meningkatkan kelancaran ekonomi masyarakat.

Sementara itu, Camat Juai Nanang Edward mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah mendata kerusakan rumah warga dan kerugian materi lainnya melalui bidang terkait.
 

Anggota TNI/Polri di Kecamatan Juai saat membantu warga membersihkan areal sungai dari sampah-sampah pascabanjir, Jum'at (3/12/2021). ANTARA/ragil darmawan


Terkait pembersihan areal sungai terangnya, informasi telah ia terima melalui kepada desa setempat pada Kamis (2/12), bahwa akan dilaksanakan pembersihan areal sungai dari sampah-sampah yang ditimbulkan akibat banjir.

"Hal tersebut langsung kami koordinasikan dengan Muspika dan kepada dinas terkait untuk segera ditindaklanjuti, kami langsung mengirim relawan dengan dibantu TNI dan Polri," terang Nanang.

Terakhir sebutnya, pembersihan areal sungai itu sendiri dari pagi sampai siang ini belum selesai, mengingat banyaknya sampah-sampah yang tersendat di sebuah jembatan gantung. Pembersihan pun akan dilanjutkan pada sore hari ini.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021