Tiket bus angkutan kota dalam provinsi di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan menjelang liburan sudah habis terjual beberapa hari sebelum keberangkatan.

"Beberapa hari sebelum liburan sekolah, tiket bus eksekutif habis terjual untuk keberangkatan beberapa hari kedepan," kata penjaga loket bus eksekutif angkutan kota dalam provinsi (AKDP) Zainuddin, Selasa (5/7).

Ia menjelaskan, sejak awal Juli 2011 pemesanan tiket bus eksekutif calon penumpang tujuan Kotabaru-Tanah Laut-Banjarmasin pergi-pulang (PP) naik dibandingkan pada hari-hari biasa.

"Hampir setiap keberangkatan tempat duduk bus eksekutif dari Banjarmasin tujuan Kotabaru atau sebaliknya akhir-akhir ini terpenuhi," kata Zainudian tanpa menyebutkan kenaikan dengan rinci.  

Berbeda dengan hari-hari sebelumnya, masih tersisa tempat duduk kosong, karena penumpang yang hendak bepergian menggunakan jasa bus eksekutif relatif sepi, katanya.

Hal yang sama juga disampaikan penjaga loket yang lain, Miftah.

Ia menjelaskan, sejak awal Juli dan musim liburan sekolah jumlah penumpang angkutan kota dalam provinsi (AKDP) cukup meningkat.

"Bahkan calon penumpag sudah memesan tiket jauh-jauh hari sebelum berangkat," katanya.

Bahkan seorang mahasiswi Politeknis Kesehatan Banjarbaru Siti, juga terpaksa menggunakan kendaraan pribadi dari Kotabaru ke kampusnya di Banjarbaru yang berjarak sekitar 300 km, karena bus angkutan umum yang ada di daerahnya semuanya penuh.

"Tidak ada lagi tempat duduk yang kosong, semuanya penuh. Jadi terpaksa menggunakan mobil pribadi," katanya.

Padahal, pada hari-hari biasa, hampir semua bus angkutan umum tidak dapat memenuhi tempat duduk yang tersedia karena penumpang cukup sepi./C

Seorang sopir mobil L-300 H Johan menambahkan, sering mendapat tawaran dari warga yang hendak ke Banjarmasin atau daerah lain karena tidak kebagian angkutan umum.

Mereka terpaksa menggunakan jasa "sopir panggilan" untuk membawa mobil pribadinya karena tepat duduk yang tersedia di bus angkutan umum semuanya terisi.

Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru M Riduan belum berhasil dikonfirmasi terkait ketersediaan angkutan umum dalam musim liburan sekolah kali ini.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011