Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Athaillah Hasbi SSos SH berpendapat, Indonesia memerlukan empat pilar agar tetap kokoh.

Pendapat itu dia kemukakan saat sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di Barabai (165 kilometer timur laut Banjarmasin), ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Rabu (24/11).

Pasalnya, menurut wakil rakyat dari Partai Golkar itu, karakteristik Indonesia sebagai negara dan bangsa dengan kebesaran, keluasan dan kemajemukan.

"Oleh sebab itu, perlu empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena empat pilar tersebut sebagai penyangga yang kokoh agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera serta terhindar dari berbagai macam gangguan dan bencana," demikian Athaillah Hasbi.    

Sementara sebagai narasumber Badarudin MPd dan Muhammad Aini SSos pada intinya mengingatkan, setiap warga negara Indonesia harus memiliki keyakinan bahwa empat pilar tersebut adalah prinsip moral keIndonesiaan yang memandu tecapainya kehidupan bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Athaillah Hasbi sosialisasikan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Barabai (165 kilometer timur laut Banjarmasin), ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), 24 November 2021. (Istimewa)

Lebih lanjut Badarudin yang juga seorang akademisi mengharapkan, Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara. sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dimana Pancasila memiliki fungsi sangat fundamental harus diletakkan dalam jiwa dan sanubari setiap warga negara. 

"Pemuda sebagai bagian dari penerus perjuangan dan pengisi kemerdekaan perlu menanamkan nilai-nilai ke bhenikaan dan toleransi sehingga terhindar dari segala pergeseran dan gesekan antara anak bangsa," demikian Badarudin.

Pelaksanaan sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wasbang tersebut bersama Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila dan pimpinan Anak Cabang Pemuda Pancasila Bumi Murakata HST, bertempat di Sekretariat Bersama Pemuda Pancasila &  Rumah Aspirasi di Jalan Surapati Banua Jingah Barabai.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut sebagai narasumber Badarudin, seorang akademisi dan ASN Pemkab HST, Muhammad Aini (aktivis sosial kemasyarakatan mantan komisioner KPUD kabupaten setempat) dengan moderator Taufik Rahman, M.Pd, dibantu MC Fahriansyah SPdI.
Foto bersama, usai anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Athaillah Hasbi sosialisasikan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan di Barabai (165 kilometer timur laut Banjarmasin), ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), 24 November 2021. (Istimewa)




 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021