Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Tabalong mengirim dua atletnya, Putri Maiza Azzura dan Zaskia Al Zahra dalam Kejuaraan Nasional Panjat Tebing Kelompok Umur di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Kejuaraan Wall Climbing Pengprov FPTI Aceh ini dilaksanakan 18 hingga 25 November 2021 jelas Ketua Harian FPTI Tabalong, Muhammad Zainaini.

Keberangkatan atlet Tabalong ke Kejurnas kali ini berkat raihan pada Kejurprov Panjat Tebing kelompok umur di Kabupaten Tanah Laut beberapa waktu lalu dan FTPI Tabalong berhasil meraih 3 emas, 1 perak dan 7 perunggu.

Namun meski dengan raihan medali sebanyak itu, keberangkatan atlet FPTI Tabalong ke Kejurnas Panjat Tebing kali ini dapat dikatakan hanya bermodal biaya seadanya.

Sebab biaya yang mereka harapkan dari proposal yang disebar ke sejumlah instansi dan perusahaan belum ada hasilnya.

"Banyak proposal yang kita sebarkan namun hanya ada satu perusahaan yang merespon. ," ujar Zainaini.

Padahal semula FPTI Tabalong berniat ingin memberangkatkan empat atlet terbaiknya. Namun kondisi keuangan organisasi tidak mendukung.

Bersyukur ada bantuan secara pribadi dari Ketua DPRD Tabalong, Mustafa yang juga selalu Ketua Umum FPTI Tabalong untuk menanggung biaya transportasi keberangkatan satu atlet.

Sedangkan satu atlet lainnya di tanggung oleh orang tuanya.

 "Untuk biaya lain - lain di luar transportasi, terpaksa ditanggung sendiri oleh atlet yang bersangkutan," jelas Zain.

Zain mengungkapkan, ketidakmampuan pihaknya memberangkat jumlah atlet sesuai target lantaran Pengprov FPTI Kalimantan Selatan yang seharusnya bertanggungjawab penuh malah memberikan beban keikutsertaan atlet di Kejurnas Panjat Tebing kepada masing - masing kabupaten dan dijanjikan akan diganti dikemudian hari.

"Karena kondisi ini kami terpaksa harus bersusah payah mencarikan biaya keberangkatan atlet," ungkapnya.

 Namun terlepas dari beratnya perjuangan pihaknya menari dana untuk ke Aceh, dirinya berharap atlet - atlet Tabalong dapat membawa pulang medali emas dan mengharumkan nama daerah di kancah nasional.

Selama berada di Aceh masing - masing atlet dari FPTI Tabalong direncakan akan mengikuti kejuaraan di dua kategori yang berbeda.

Putri Maiza Azzura bertanding di kategori Youth B, Lead dan Bouldering.

Sedangkan Zaskia Al Zahra bertanding di kategori Youth C, speed clasic dan lead.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021