Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin melaksanakan acara syukuran panen padi dalam rangka upaya khusus swasembada pangan Kota Banjarmasin, di Tatah Belayung Kelurahan Tanjung Pasar, Rabu (26/08).


Acara dihadiri Penjabat Wali Kota Banjarmasin HM. Thamrin, Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali, Dandim 1007 Letkol. Inf. Erwin serta Kepala SKPD terkait.

Panen raya tersebut ditandai dengan pemotongan padi oleh penjabat wali kota, Ketua DPRD Kota Banjarmasin Iwan Rusmali, Dandim 1007 Letkol. Inf. Erwin.

Menurut Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin Ir. Doyo Pudjadi hasil panen sebanyak 10-12 blek perborongan secara tradisional, bila menggunakan traktor hasilnya bisa 2 kali lipat lebih banyak.

Untuk dua panen bibit lokal terdapat kendala pada pupuk serta pengairan terutama di musim kemarau yang menyebabkan produksi rendah.

Oleh sebab itu pemerintah memberikan fasilitas lahan kosong, bibit, bahan serta insentif bagi para petani guna memaksimalkan lahan kosong agar tidak agar masyarakart tidak mengimport beras.

Selanjutnya Penjabat Walikota bersama rombongan berdialog dengan warga masyarakat guna mendengarkan aspirasi warga.

Di akhir acara panen, rombongan menyempatkan untuk meninjau keramba ikan haruan milik warga.
 

Pewarta: Asmuni

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015