Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah menggelontorkan dana sekitar Rp40 miliar pada tahun ini untuk melanjutkan pembangunan Pelabuhan Marabatuan, dan Matasirih, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.


Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Sungai Danau/Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Misa Rakhman, Selasa mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dan kajian terhadap proyek kelanjutan pembangunan di Pulau Marabatuan dan Matasirih.

"Dua pelabuhan tersebut mulai dibangun oleh pihak Kementerian Perhubungan, tetapi saat ini kelanjutan pembangunanannya diserahkan oleh UPP Sungai Danau," ujarnya saat dihubungi.

Dia mengatakan, tahap awal pembangunan Pelabuhan Marabatuan dan Matasirih menghabiskan dana masing-masing sekitar Rp56 miliar.

Dan APBN 2015 kelanjutan pembangunan dua pelabuhan kembali diteruskan dengan alokasi dana sekitar Rp40 miliar.

Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru Sugian Noor mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan warga setempat, bahwa ada bagian bangunan pelabuhan yang belum selesai itu mulai rusak.

"Kami kahwatir apabila tidak segera dilanjutkan pembangunnya, bagian yang rusak itu bertambah. Oleh karenanya pemerintah pusat harus segera menggelontorkan dana untuk melanjutkan pembangunannya," kata Sugian.

Dia menyatakan, kemajuan fisik pembangunan pelabuhan diperkirakan sekitar 80 persen.

Menurut dia, pemerintah membangun tiga pelabuhan yang representatif yakni, Pelabuhan Matasirih, Pelabuhan Pulau Sebuku, dan Pelabuhan Marabatuan, untuk membuka daerah terisolasi dan mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi daerah   

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015