November jadi bulan bersejarah  bagi bangsa Indonesia karena diperingati sebagai Hari Pahlawan di mana 76 tahun lalu para pahlawan berjuang mengangkat senjata melawan para penjajah dan mempertahankan kemerdekaan yang telah diproklamirkan.

Kita sebagai generasi muda sudah seharusnya melanjutkan perjuangan tersebut.

Namun tentunya kini perjuangan dalam mempertahankan jati diri bangsa Indonesia sudah tidak lagi melalui peperangan.

 Pahlawan memiliki arti yang lebih luas. Gelar pahlawan bisa disandangkan kepada siapa saja yang sudah berjasa bagi bangsa dengan berbagai cara dan bidang yang mereka kuasai.

Termasuk generasi millenial saat ini, yaitu mahasiswa.

Mahasiswa sejatinya adalah masa depan bangsa, mahasiswa yang berkualitas mampu menciptakan masa depan bangsa yang semakin baik.

 Belajar dengan sungguh-sungguh dan melahirkan banyak prestasi adalah salah satu wujud perjuangan yang harus dilakukan.

Mahasiswa juga dapat menjadi volunteer atau relawan untuk membangun Indonesia, karena mahasiswa sebagai unsur penting kemajuan Indonesia.

Bentuk perjuangan itu sudah dilakukan  Mahasiswa penerima Beasiswa Adaro pada program Indonesia Bright Future Leaders (IBFL). Yaitu beasiswa penuh dari Adaro untuk putra putri daerah sebagai salah satu upaya Adaro dalam untuk menyiapkan usia produktif yang berdaya saing.

Salah satu tempat perjuangan mereka saat ini adalah pondok pesantren.

Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yang terlibat dalam Program Adaro Santri Sejahtera (PASS), hasil kerjasama Adaro dan ULM ini memiliki tonggak perjuangan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi pondok pesantren sesuai dengan keilmuan yang mereka miliki yang diaplikasikan dalam setiap bidang.

Mereka mengaplikasikan ilmunya untuk membantu pengelolaan unit usaha pondok pesantren, baik itu perikanan, peternakan dan pertanian.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Termasuk membantu memperkuat bidang kewirausahaan para santri, bahkan melakukan riset sebagai bentuk perjuangan untuk mewujudkan tujuan program.

 “Setiap masa ada orangnya dan setiap orang ada masanya. Kami sebagai generasi muda memiliki cara sendiri untuk berjuang,” ungkap Dinar,  satu mahasiswa ULM magang program PASS.

Lebih lanjut Dinar mengatakan  melalui program PASS ini Ia berharap dapat memberikan manfaat bagi pondok pesantren khususnya dan juga bagi masyarakat yang akan berdampak bagi kemajuan bangsa.

Energi positif serta Inovasi tanpa batas yang mereka miliki yang disalurkan dengan tepat dapat menghasilkan dampak yang besar untuk kemajuan Indonesia.

 Mari kita lanjutkan perjuangan para pahlawan kita , jadilah “Pahlawan” yang mampu menginspirasi untuk kemajuan Bangsa.

Pewarta: *

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021