Moment Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 Tahun 2021, di Kabupaten Tanah Laut diwarnai  pemberian penghargaan untuk para tenaga medis, puskesmas dan instansi pendidikan. 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah (Setda) Tanah Laut  H Akhmad Hairin bersama Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tanah Laut  Hj Nina Sandra, di halaman Kantor Dinkes Tanah Laut, Jum'at (12/11).

Beberapa penghargaan juga turut diberikan dalam moment tersebut,  diantaranya Lomba Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Kabupaten Tanah Laut Tahun 2021, Lomba Posyandu/Kader Tingkat Kabupaten Tanah Laut Tahun 2021 dan Lomba Sekolah Sehat Tingkat SD/MI dan SMP/MTS Tahun 2021.

Salah satu penerima penghargaan Akbar Rihansyah bertugas di Puskesmas Padang Luas. 

Akbar Rihansyah dinobatkan sebagai Dokter Teladan I Tingkat Kabupaten Tanah Laut  atas inovasinya membuat Aplikasi Lansia V-Care (Lansia Vaccination Care) untuk program lansia (Lansia Siap Vaksin). 

Dia berharap,  aplikasinya dapat membantu membantu percepatan vaksinasi di Kabupaten Tanah Laut yang saat ini masih mencapai 30 persen dari target di atas 40 persen.

"Semoga aplikasi ini bisa digunakan secara optimal, sehingga meningkatkan cakupan vaksinasi, khususnya di Kabupaten Tanah Laut," ujarnya.

Sementara itu, penerima penghargaan lainnya, adalah Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Assalam mendapatkan predikat sekolah terbaik I tingkat SD/MI Kabupaten Tanah Laut. 

Kepala Sekolah SD IT Assalam Darsani mengaku bangga atas penghargaan yang diberikan tersebut. 

Diakuinya, budaya sehat di sekolah memang sudah diterapkan pada peraturan sekolah salah, satunya dengan menjamin kesehatan menu makanan di sekolah.

"Salah satunya sekolah kami bebas jajanan, anak-anak tidak membawa uang ke sekolah dan tidak ada kantin sekolah, karena kami menyediakan katering sekolah," ujarnya.

Sementara, Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia (RI) dalam sambutannya disampaikan Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tanah Laut H Akhmad Hairin turut mengapresiasi seluruh upaya tenaga kesehatan dan kerjasama masyarakat umum dalam menghadapi tantangan kesehatan salah satunya pandemi COVID-19.

Secara khusus Bupati Tanah Laut HM Sukamta diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Tanah Laut H Akhmad Hairin turut mengapresiasi para tenaga kesehatan dan masyarakat umum yang turut berjuang di bidang kesehatan melalui jalur prestasi.

Momen HKN ke-57, harap dia,  semakin meningkatkan semangat berprestasi di bidang kesehatan untuk Kabupaten Tanah Laut.

"Selamat atas prestasinya untuk Kabupaten Tanah Laut, semoga usaha dilakukan mendapatkan rahmat dari Tuhan," pungkasnya. 
Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Tanah Laut  H Akhmad Hairin bersama Kepala Dinas Kesehatan Tanah Laut  Hj Nina Sandra menyerahkan penghargaan di HKN 2021, di halaman Kantor Dinkes Tanah Laut, Jum'at (12/11).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021