H. Muhammad Hatta mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Balangan periode tahun 2004-2009 yang sosoknya dikenal tegas dan baik kini tutup usia.

Salah satu sahabat sekaligus rekan kerja di DPRD Balangan periode 2004-2009 H. Husin, mengungkapkan belasungkawa yang sangat dalam atas wafatnya H.M Hatta yang menjadi rekan kerjanya saat menjadi wakil rakyat belasan tahun silam.

"Kita menerima kabar duka H.M Hatta sekitar pukul 07.00 Wita bahwa almarhum telah tutup usia di Desa Muara Jaya Kecamatan Awayan, yang langsung dikebumikan tadi siang setelah salat zuhur," ungkap H. Husin di Paringin, Sabtu.

Menurut H. Husin, almarhum sendiri merupakan sosok teladan bagi masyarakat Balangan, karena almarhum dikenal ramah, tegas dan baik kepada semua orang.

"Almarhum merupakan mantan Ketua DPRD Balangan 2004-2009 yang kehidupan beliau banyak bergelut dibidang politik dan pengusaha di Balangan," imbuhnya.

Selain itu katanya, sosok H.M Hatta juga dikenal sebagai pemimpin yang ramah dan bersahabat kepada siapa saja dan tidak mengenal tua ataupun muda. Almarhum juga murah senyum, tegas dan kharismatik dengan segala tindakan yang diambil.

Politisi muda Balangan Rusdin Barhiwan dengan almarhum H.M Hatta. ANTARA/ragil darmawan



Terpisah, Anggota DPRD Balangan Rusdin Barhiwan juga menyampaikan, bahwa sosok H.M Hatta merupakan sosok pemimpin dan politisi senior yang memberikan pengaruh besar bagi pembangunan di Balangan.

Ia juga mengungkapkan, banyak pembelajaran yang ia dapatkan dari almarhum H.M Hatta, terutama dalam dunia politik.

"Banyak hal yang beliau pernah ajarkan ke saya, terutama dalam dunia politik, disaat itu saya sendiri masih sebagai honorer di Sekretariat DPRD Balangan dan sering bersama beliau dalam memberikan pelayanan kedinasan," ungkap polisi muda Balangan ini.

Bagi Rusdin, H.M Hatta merupakan sosok politisi senior yang mana pengalaman dalam berpolitiknya sangat banyak, sehingga patut menjadi referensi para politisi muda terutama bagi dirinya.

"Mari kita do'akan semoga almarhum husnul khotimah dan ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah SWT, dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, ketabahan serta semoga segala kontribusi pemikiran dan jasa-jasa almarhum untuk banua kita tercatat sebagai amal kebaikan," tuturnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021