Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry, bersama seluruh SKPD HSS menyempatkan diri untuk meninjau langsung kesiapan sarana dan prasarana kolam renang Amandit Aquatic Center, yang rencananya akan dibuka kembali mulai Sabtu(13/11), di Desa Baluti, Kecamatan Kandangan.

Setelah hampir dua tahun ditutup karena pandemi, akhirnya kolam renang Amandit Aquatic Center akan dibuka kembali untuk masyarakat umum mengingat kasus COVID-19 di Kabupaten HSS sudah mulai landai. Namun, dibukanya fasilitas olahraga tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Peninjauan kami untuk memastikan venue kolam renang ini benar-benar siap dan telah mematuhi aturan sesuai petunjuk teknis yang sudah dikeluarkan. Termasuk di dalamnya diterapkannya protokol kesehatan, agar pengunjung yang menggunakan fasilitas kolam renang tetap terlindungi dari segi kesehatan," kata  Bupati HSS, H Achmad Fikry, Jum'at (12/11) kemarin.

Baca juga: Wabup tutup pelatihan keterampilan pemuda KNPI HSS

Dijelaskan dia, persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya mematuhi sarana prasarana protokol kesehatan yang telah disediakan, juga bukti vaksinasi melalui aplikasi "Pedulil indungi" minimal telah melakukan vaksin dosis pertama.

Pembukaan untuk umum karena memang sudah lama dinantikan masyarakat, dan pengamanan sudah siap dengan menggunakan barcode, sehingga dengan cara ini orang lebih sadar dengan arti sebuah vaksin untuk melindungi dirinya.

Para pengunjung yang ingin masuk di wajibkan melakukan scan barcode "Peduli lindungi" sebelum mendapatkan tiket, ini dilakukan untuk memastikan pengunjung yang masuk sudah di vaksin.

"Petugas akan mengarahkan pengunjung yang tiba ke loket tiket dengan barcode aplikasi "Pedulilindungi", untuk melakukan chek in sebelum masuk ke area kolam renang. Begitu pula pada saat pengunjung akan meninggalkan area kolam renang, mereka diwajibkan untuk cek out pada aplikasi dan tempat yang sama," katanya.

Kepala Bidang (Kabid) Pemuda dan Olahraga, Disporapar HSS, Abdul Kodir, mengatakan untuk kebijakannya selain menerapkan protokol kesehatan yang ketat, kapasitas pengunjung juga dibatasi hanya 250 orang atau 50 persen  dari jumlah total kapasitas kolam renang.

Menurut dia, perawatan kolam renang pihaknya memiliki pengelola sebanyak 12 orang, hal ini sangat penting mengingat Kabupaten HSS akan menjadi tuan rumah Porprov XI Kalsel tahun 2022 mendatang.

Baca juga: Bupati resmikan wisata edukasi padi tulis

"Yang mana kolam renang Amandit Aquatic Center akan menjadi salah satu venue pagelaran event empat tahunan tersebut," katanya.

Ia berpesan kepada masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas kolam agar benar-benar mentaati protokol kesehatan yang berlaku, juga khususnya kepada orang tua untuk dapat mengawasi anak-anaknya apabila masuk ke area kolam.

Adapun untuk jam operasional Kolam Renang Amandit Aquatic Center, yakni Senin sampi Minggu, buka pukul 08.00 - 17.00 wita, istirahat pukul 11.30 - 14.00 wita, buka kembali pukul 14.00 - 17.00 wita, hhusus Hari Jumat buka pukul 08.00 - 11.00 wita dan istirahat pukul 11.00 - 14.00 wita serta buka kembali pukul 14.00 - 17.00 wita.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021