Kotabaru,  (AntaranewsKalsel) - Industri semen merk Tiga Roda PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Tarjun, di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, peduli terhadap penyediaan infrastruktur di desa-desa binaanya.

Management Indocement Pabrik Tarjun, Teguh Iman Basoeki, di Kotabaru, Jumat mengatakan, infrastruktur di desa binaan yang memerlukan bantuan seperti, sekolah ruang belajar, balai desa, ruang pertemuan dan tempat-tempat ibadah.

"Perusahaan membantu pembangunan balai Desa Cantung Kiri Hilir, Kelumpang Hulu, dan Desa Langadai, Kelumpang Hilir," katanya.

Dengan sarana dan prasarana yang lebih baik, pelayanan terhadap masyarakat di desa dapat ditingkatkan lebih baik, dan dari balai desa tersebut akan diperoleh hasil musyawarah mufakat dalam mensikapi bantuan-bantuan yang akan digulirkan sesuai Undang-undang Nomor :6 Tahun 2014 tentang Desa.

Selain pembangunan balai desa, Program corporate social responsibility (CSR) Indocement Plant Tarjun semester pertama 2015, juga telah memberikan bea siswa dan program anak asuh, lomba kreativitas siswa, pembangunan kantor kepala SDN Sidomulyo.

Pembangunan ruang kelas Taman Kanak-kanak Islam terpadu (TKIT) Darul Hijrah, pembangunan pagar TK Tegalrejo, pembangunan 2 ruang kelas TK Langadai, bantuan lapangan olah raga SDN 1 Tarjun, melalui pilar pendidikan.

"Perusahaan juga memberikan pelatihan keterampilan, training perikanan peternakan pertanian dan perkebunan," ujar Teguh dalam siaran pers.

Pilar kesehatan, Indocement juga memberikan pelayanan kesehatan di semua desa binaan, pemberian makan tambahan untuk anak guna hindari gizi buruk, donor darah, pembangunan Mandi Cuci Kakus (MCK) umum Desa Pulau Panci, pemasangan paving blok untuk polindes Tarjun, bantuan kendaraan angkut sampah, pengelolaan dan operasional sampah desa.

Sedangkan pilar ekonomi, meliputi pembinaan permodalan dan pelatihan untuk usaha kecil menengah (UKM), pembangunan delapan kandang unggas dan kambing, bantuan bergulir kambing dan sapi serta bantuan alat tangkap ikan nelayan.

Pilar sosial budaya agama dan olah raga, bedah rumah warga Tarjun dan Langadai, bantuan renovasi langgar Ar-rahman Desa Serongga, perbaikan jalan utama desa Tarjun dan Langadai, pembangunan parit Desa Tegalrejo dan Serongga, serta Sidomulyo.

Perbaikan gorong-gorong dan drainage Desa Tegalrejo, semenisasi halaman kantor Kecamatan Kelumpang Hilir dan Hulu, bhakti sosial, kegiatan keagamaan hari besar Islam dan festival anak sholeh di tiga tempat.

Pembangunan lapangan olah raga SDN tegalrejo, pembangunan masjid quba Desa Pulau Panci, pembangunan rumah kaum dan perbaikan Langgar An-nur, lapangan bola voli dan halaman Desa Cantung Kiri Hilir.

Pilar keamanan yakni pembangunan pos kamling Desa Tegalrejo dan Desa Sidomulyo, training pemadaman kebakaran dan linmas Tarjun.

Teguh mengemukakan, program CSR Indocement dilaksanakan dengan berpedoman pada program lima pilar pembangunan, yaitu, pilar pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya agama dan olahraga, serta pilar keamanan.

Kepala Desa Langadai, Eddy Marhadi mengatakan, sebelumnya Indocement telah membantu pembangunan sekolah TK dan gedung madrasah diniyah Desa Langadai, dan kali ini Indocement kembali membantu pembangunan balai desa sebagai wujud nyata kepedulian perusahaan semen ber-merk tiga roda kepada masyarakat.

�Balai desa yang kami miliki sudah sangat lama dan kondisinya tidak layak dan memprihatinkan, karena bangunan sudah lapuk, atap bocor dan lantai rusak," paparnya.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015