Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Laut  H Dahnial Kifli mengatakan, perkembangan zaman yang dinamis, kebutuhan masyarakat yang semakin beragam, serta ritme kerja yang serba mobile dan cepat, menjadikan kolaborasi adalah kunci dalam menjalankan pemerintahan yang efektif. 

"Pemerintah harus bisa merespon dan beradaptasi dengan perubahan zaman, tidak ada pemerintah daerah yang bisa bekerja sendiri, kolaborasi menjadi kunci keberhasilan pembangunan sebuah daerah," kata H Dahnial Kifli mewakili Bupati Tanah Laut HM Sukamta, pada acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama Pengadilan Agama Pelaihari Kelas IB bersama lima instansi, di Gedung Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Selasa (9/11).

Menurut Dahnial Kifli,  kerjasama tersebut dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik, memberikan kenyamanan, membantu dan mempermudah masyarakat. 

Dijelaskannya,  lima instansi  melakukan kerjasama dengan PA Pelaihari Kelas IB tersebut adalah,  Dinas kesehatan (Dinkes) Tanah Laut, Dinas Sosial (Dinsos) Tanah Laut, Kantor Badan Pertanahan Nasional Tanah Laut, PT POS Indonesia (Persero) Kantor Pos Banjarbaru 70700 dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tanah Laut. 

Sementara, Ketua Pengadilan Agama Pelaihari Kelas IB Husnawati mengungkapkan,  pada era reformasi birokrasi pemerintah dituntut dapat memberikan pelayanan berkualitas, serta memangkas alur birokrasi.

"Melakukan terobosan untuk memudahkan masyrakat, memberikan kemudahan akses, disamping itu efektif, efisien dan biaya murah serta sederhana," kata Husnawati. 

Bentuk kerjasama itu, papar dia, berupa  Layanan Pengukuran Percepatan Administrasi dan Informasi Pertanahan (LAKU PASTI INSTAN), Layanan Pemeriksaan Kesehatan Tiap Calon Pengantin (LAKSA SEHATI CATIN),  Layanan Pemberian Informasi dan Pelatihan Bagi Perempuan Pasca Perceraian (LABIRIN PENCAR), Pengiriman Produk Pengadilan dan Nazagelen Pos (RINDU PENA POS) dan Layanan Baznas Untuk Biaya Perkara (NANAS UBIKARA).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Ketua Pengadilan Tinggi Agama Banjarmasin, Kepala Kantor Pertanahan Tanah Laut, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Laut, Plt Kepala Dinas Sosial Tanah Laut, Kepala Kantor Pos Banjarbaru dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional Tanah Laut. 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021