Kapolda Kalimantan Selatan Irjen Pol Rikwanto berharap perguruan tinggi terus bisa mencetak pemimpin visioner dari para mahasiswa yang nantinya memegang estapet kepemimpinan di negeri ini.

"Sebagai kaum intelektual, lulusan perguruan tinggi sudah sewajarnya  memiliki pandangan visioner yang mampu membuat keputusan tepat demi menjadikan organisasi menjadi lebih baik," katanya  di Banjarmasin, Selasa.

Hal tersebut dikatakan Kapolda Kalsel saat jadi narasumber Seminar Kepemimpinan Mahasiswa TKT Dasar Fire 2021 yang diadakan oleh Polda Kalsel bersama Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin.

Menurut dia, pemimpin di era 4.0 selain harus memiliki sikap yang baik, perlu juga memiliki kemampuan pemecah masalah dan pengambil keputusan.

"Dengan menjadi pemimpin yang bisa menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan maka tidak ada keragu-raguan dan beban yang didapat," tegasnya.

Dalam paparannya berbagi pengalaman kepada para generasi muda tentang kepemimpinan, Rikwanto menjelaskan beberapa hal meliputi tentang tantangan industri 4.0 dan society 5.0 era disrupsi teknologi serta media sosial sarana sebar informasi.

Dia juga berbagi lima tips menjadi pemimpin yang baik, cara memimpin diri sendiri serta peran positif mahasiswa. 
Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin yang mengikuti seminar di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeti Mapolda Kalsel. (ANTARA/Firman)


Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof Mujiburrahman mengaku terkesan kepada Kapolda Kalsel yang berkesempatan menjadi narasumber dan memberikan materi kepada para mahasiswa-mahasiswinya.

“Materi yang disampaikan oleh Kapolda sangat bermanfaat bagi generasi muda penerus bangsa untuk menjadi pemimpin di masa yang akan datang," ucapnya.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021