Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, akan mencanangkan Gerakan Bersih, Hijau, dan Tertib atau "Clean Up" pada Oktober 2015 untuk mewujudkan kota yang sehat serta ramah lingkungan.


Rencana itu disampaikan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani di Tanjung, Kamis.

Ia mengatakan Gerakan Tabalong Bersih, Hijau dan Tertib akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dengan sasaran sejumlah fasilitas umum dan menjadi ikon kabupaten seperti Islamic Center.

"Sebelumnya gerakan Tabalong bersih, hijau dan tertib sudah dilaksanakan di kawasan Islamic Center oleh keluarga besar PT Adaro Indonesia bersama seluruh lapisan masyarakat dan selanjutnya gerakan ini akan dicanangkan pada Oktober 2015," jelas Anang.

Gerakan Tabalong Bersih, Hijau dan Tertib yang digalang PT Adaro Indonesia bersama mitra kerja, Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN), jajaaran Pemkab Tabalong, pelajar, LSM, TNI/Polri serta masyarakat digelar Sabtu (15/8).

Kegiatan aksi bersih-bersih menjad bagian jihad kita di jalan Allah karena itu sudah seharusnya kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari," jelas Anang lagi.

Sebelumnya Direktur PT Adaro Indonesia Chia Ah Hoo mengatakan tujuan dibangunnya Islamic Center adalah sebagai wadah pengembangan kegiatan keislaman di Kalimantan Selatan karena itu masyarakat diharapkan bisa memanfaatkan dan merawatnya dengan baik .

Jangan sampai Islamic Center yang semula dibangun sebagai wadah pengembangan Islam malah menjadi bangunan megah tapi berada dalam kesendirian yang mencekam, ungkap Chia.

Sejumlah elemen masyarakat yang terlibat dalam kegiatan bersih-bersih sangat mendukung upaya Adaro dan mitra kerjanya untuk menjaga kemakmuran Islamic Center dengan melakukan perbaikan serta pemeliharaan,

"Sebagai sarana kegiatan keagamaan Islamic Center sudah seharusnya dimanfaatkan sesuai fungsinya dan gerakan bersih-bersih yang digalang Adaro bisa memotivasi masyarakat maupun pemerintah daerah untuk lebih peduli terhadap sarana ini," ungkap Rifai warga Maburai Kecamatan Murung Pudak.

Terpisah, Kepala Divisi Eksternal PT Adaro Indonesia Rizky Dartaman mengatakan bahwa kemakmuran Tabalong Islamic Center merupakan tangung jawab bersama dalam upaya membangun kesadaran moral.

"Islamic Center adalah asset penting bagi umat, baik saat ini maupun pada masa-masa mendatang karena itu perlu kepedulian semua pihak," kata Rizky.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015