Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati (Wabup), Syamsuri Arsyad, berkeliling ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten HSS, untuk mendengarkan aspirasi, usulan dan pendapat masyarakat melalui kegiatan dialog pembangunan.

Ia mengatakan, masa pengabdiannya bersama wabup, tidak akan lama lagi. Oleh karena itu dirinya berharap bahwa berbagai usulan pembangunan yang nanti juga akan dibawa ke musrenbang hendaknya mengacu kepada RPJMD yang telah disusun.

"Kami menyadari bahwa banyak usulan dan keinginan masyarakat yang belum terpenuhi. Apalagi hampir separo perjalanan kepemimpinan kami bersamaan dengan wabah COVID-19," katanya, dalam dialog pembangunan, di Aula Kecamatan Daha Utara, Kamis (4/11).

Baca juga: Paman Birin puji capaian vaksinasi Pemkab HSS

Dijelaskan dia, karena wabah begitu banyak memangkas anggaran pembangunan yang sudah direncanakan. Untuk itu pihaknya berharap bahwa usulan di tahun mendatang ini fokus kepada target RPJMD yang belum terealisasi.

Menanggapi beberapa usulan yang disampaikan dalam sesi dialog kali ini, ia mengucapkan terima kasih dan akan mengupayakan sesuai kemampuan daerah.

Di sisi lain, dirinya mengingatkan pula agar masyarakat hendaknya tidak selalu terpaku mengusulkan pembangunan yang bersifat fisik saja, namun harus diimbangi dengan pembangunan segi non fisik.

"Keinginan untuk pembangunan fisik, jangan sampai melalaikan kita pada pembangunan non fisik yang kadang jauh lebih berbahaya kalau tak diperhatikan, seperti pencegahan stunting pada anak dan penyalahgunaan narkoba. Karena ini menyangkut generasi kita di masa yang akan datang,"  katanya.

Tak lupa, ia juga terus mengingatkan warga di Kecamatan Daha Utara untuk selalu menjaga protokol kesehatan, dan ikut berpartisipasi mensukseskan vaksinasi COVID-19.

Baca juga: Tiga hari peringatan 100 hari wafat Guru Kapuh akan terapkan prokes

Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, turut menambahkan agar tidak ada warga yang beranggapan ada dikotomi antara pembangunan di Kecamatan Daha dan kecamatan lainnya.

"Pemerintah daerah selalu berupaya membangun secara merata di seluruh kecamatan dan desa, sesuai dengan topologi serta kondisi yang dibutuhkan oleh kecamatan yang satu, yang tentu berbeda dengan kecamatan lainnya," katanya.

Turut hadir, Camat Daha Utara, H. Syamsuri, para kepala OPD, Ketua MUI Kecamatan, Kapolsek, Danramil, para potensi desa, forum anak, tokoh masyarakat dan pemuda.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021