Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Kalangan DPRD Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, mempertanyakan kinerja Perusahaan Listrik Negara sehubungan belum teralirinya listrik di rumah warga Desa Geronggang, Kecamatan Kelumpang Tengah, kendati jaringannya sudah terpasang dan telah membayar biaya administrasi dalam tiga bulan terakhir.


Anggota Komisi I DPRD Kotabaru dari daerah pemilihan (Dapil) tiga Geriyanto di Kotabaru, Senin mengatakan, dalam dua kali kunjungannya dalam sosialisasi perundang-undangan di daerah, pihaknya menerima kaluhan masyarakat terkait dengan aliran listrik tersebut.

"Pengakuan masyarakat di Geronggang, mereka sudah membayar semua biaya dan seluruh administrasi bersamaan terpasanganya jaringan listrik, namun sudah leibh dari tiga bulan ini listrik tak kunjung menyala karena aliran listrik belum disambung oleh PLN," kata Geriyanto mengutip keluhan warga yang mengadu kepadanya.

Menyikapi hal ini, politisi Partai Gerindra ini mengungkapkan akan segera menggelar rapat bersama eksekutif berikut para pemangku kepentingan (stakeholder) khususnya manajemen PLN cabang Kotabaru.

Tujuan utamanya adalah mengkonfirmasi kejelasan proses penyambungan jaringan listrik yang masih terkatung-katung sebagaimana yang dikeluhkan masyarakat di sejumlah kecamatan diantaranya Kelumpang Tengah dan Hampang.

Lebih lanjut Geriyanto mengungkapkan, dari hasil kunjungannya di beberapa kecamatan yang terasuk dapil tiga diantaranya Kelumpang Hulu, Kelumpang Hilir, Kelumpang Barat, Kelumpang Tengah, Kelumpang Selatan, Kelumpang Utara dan Hampang, ditemui masih banyak aspirasi yang disampaikan warga terkait fasilitas publik diantaranya infrastruktur jalan.

Memang diakui dari beberapa yang dikeluhkan tersebut dinilai wajar jika mengingat kemampuan daerah (APBD) yang jika dikaitkan dengan luas wilayah Kabupaten Kotabaru yang begitu luas, namun hendaknya pemerintah dapat melakukan strategi dengan menganut skala prioritas pembangunan.

Maksudnya, menjadikan sesuatu yang benar-benar dihajatkan masyarakat saat ini menjadi prioritas dalam penganggaran, hal itu tentunya sinkron dengan visi misi pemerintah daerah saat ini yang mengedepankan perbaikan dan peningkatan sektor infrastruktur mencakup jalan, air bersih dan aliran listrik.

  Relevansinya dengan tuntan masyarakat Kelumpang Tengah, Geriyanto menegaskan dalam waktu dekat akan menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, apalagi dari penuturan warga, mereka telah menyelesaikan segala kewajiban berkaitan dengan penyambangan jaringan listrik oleh PLN.   

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015