Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Brigjend Polisi Agung Budi Maryoto mengatakan, personel kepolisian siap membantu pemadaman kebakaran lahan dan hutan di provinsi setempat.


"Kami sudah siap personel yang dilatih membantu petugas dinas dan instansi terkait dalam memadamkan kebakaran lahan dan hutan," ujarnya di Banjarbaru, Selasa.

Ia mengatakan, personel Polda Kalsel maupun personel polisi lainnya yang tersebar pada 13 polres tingkat kabupaten dan kota saling sinergis membantu dinas terkait.

Dijelaskan, seluruh personel sudah menjalin sinergitas dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam upaya membantu setiap kebakaran hutan dan lahan.

"Selain sinergis dengan BPBD, kami juga melakukan pelatihan bersama dengan anggota TNI dalam upaya memaksimalkan peran membantu pemadaman kebakaran," ungkapnya.

Ditekankan, pihaknya juga sudah menginstruksikan dibentuknya satuan tugas pemadaman kebakaran yang melibatkan personel kepolisian setiap polres di kabupaten.

"Satgas yang dibentuk memiliki tugas dan prioritas membantu upaya pemadaman kebakaran lahan dan hutan. Jika kebakarannya besar maka personel diturunkan," ujarnya.

Dikatakan, selain siap membantu pemadaman kebakaran lahan dan hutan, seluruh anggota Polda Kalsel juga diinstruksikan peduli lingkungan terutama penghijauan.

Disebutkan, penghijauan yang dilakukan anggota Polda diantaranya penanaman bibit pohon di lingkungan Sekolah Polisi Negara (SPN) Banjarbaru sehingga lingkungan hijau dan sehat.

"Setiap siswa peserta pembentukan Brigadir Polisi di SPN wajib menanam dan merawat bibit pohon sehingga jika lulus mereka bisa melihat pohon yang ditanamnya tumbuh," kata dia.

Sementara itu, kebakaran lahan dan hutan di Kalsel relatif meningkat seiring kekeringan dan cuaca panas yang melanda seluruh wilayah hingga menyebabkan terjadinya kebakaran.

  Sejumlah kawasan terutama di Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar terjadi kebakaran lahan dan hutan meski pun luasannya relatif sedikit dan belum berdampak buruk   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015