Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan Program Kampung Iklim untuk tiga desa/kelurahan di Kabupaten Tabalong.

Masing - masing Desa Nalui Kecamatan Jaro, Kelurahan Sulingan Kecamatan Murung Pudak dan Desa Tanta Kecamatan Tanta.

"Sebelumnya kita menargetkan lima desa untuk masuk dalam penilaian program Kampung Iklim," jelas Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong Rowi Rawatianice.

Sesuai SK Bupati Tabalong Nomor 188.45/249/2021 lokasi pelaksanaan program Kampung Iklim 2021 yakni Desa Nalui Kecamatan Jaro, Kelurahan Sulingan Kecamatan Murung Pudak, Kelurahan Belimbing, Desa Muang dan Desa Tanta Kecamatan Tanta.

Penyerahan penghargaan sendiri dilaksanakan secara virtual bersamaan penutupan Festival Iklim 2021 di Arboretum Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LH dan Kehutanan, Selasa (19/10).

 Hadir pada acara penyerahan secara virtual  di Aula Tanjung Puri Setda Tabalong Wakil Bupati Tabalong Mawardi, Asisten Bidang Pembangunan dan Perekonomian Yuhani, Kadis LH Rowi Rawatianice, para camat dan instansi terkait lainnya.

Penghargaan yang diterima berupa tropi Proklim kategori utama untuk Desa Nalui dan sertifikat proklim utama Kelurahan Sulingan dan Desa Tanta.

Dalam sambutannya Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian LH dan Kehutanan Laksmi Dewanthi menyampaikan ada 600 lokasi program Kampung Iklim yang diusulkan dan 313 lokasi telah diverifikasi.

Selanjutnya melalui Festival iklim 2021 ungkap  Dewanti  salah satunya  untuk mengenalkan kebijakan dan inovasi dalam upaya penurunan emisi rumah kaca.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021