TNI Angkatan Laut melakukan serbuan 1.000 dosis vaksinasi maritim di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel) dengan menyasar masyarakat umum hingga pelajar.

"Alhamdulilah vaksinasi kali ini menggunakan vaksin jenis Astra Zeneca untuk usia 18 tahun ke atas dan vaksin jenis Sinovac diperuntukkan bagi yang berusia 12 sampai 17 tahun," terang Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr. Hanla di Martapura, Kamis.

Bertempat di kantor DPRD Kabupaten Banjar di Kota Martapura, vaksinasi tersebut didukung 39 tenaga kesehatan gabungan sebagai vaksinator yaitu Balai Pengobatan (BP) Lanal Banjarmasin, Dinkes Kota Banjarmasin dan Dinkes Banjar.

Danlanal menyatakan pengerahan tenaga kesehatan yang maksimal guna mempercepat proses pemberian vaksin, sehingga mencegah kerumunan dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam pelaksanaan vaksinasi kali ini, Lanal Banjarmasin bersinergi dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Banjar sebagai upaya mewujudkan kekebalan komunitas di "Kota Intan".

"PPKM di Kabupaten Banjar berada di level 2 yang berarti sudah boleh melaksanakan pembelajaran tatap muka, maka kami mendukung akselerasi vaksin bagi pelajar termasuk santri pondok pesantren," jelas Danlanal.

Masyarakat antre untuk divaksin dalam gelaran vaksinasi maritim Lanal Banjarmasin di Kabupaten Banjar. (ANTARA/Firman)


Sementara Bupati Banjar Saidi Mansyur menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Lanal Banjarmasin atas sinergitas yang baik bersama Kadin melaksanakan serbuan vaksinasi maritim.

"Kasus COVID-19 terus melandai dan vaksinasi digencarkan maka kami harapkan kegiatan masyarakat bisa segera pulih seperti sedia kala," katanya.

Operasi serbuan vaksinasi maritim yang dilaksanakan Lanal Banjarmasin berdasarkan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono telah berhasil memberikan vaksin kepada 16.580 warga Kalsel.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021