Pemerintah Kabupaten Banjar meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah atas berkomitmen pencapaian kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Penghargaan itu sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender Strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Penghargaan bergengsi tingkat nasional Anugerah Parahita Ekapraya 2020 kategori Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI itu diserahkan secara virtual, Rabu

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati hadir bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy.

Sementara di Martapura Bupati Banjar Saidi Mansyur diwakili Kepala DP2KBP3A Siti Hamidah dan jajaran mengikuti acara bersama Kabid Pemberdayaan Perempuan Merilu Ripner, Kabid Sosial Budaya dan SDM Bappedalitbang Banjar Anna Rosida Santi di Command Center, Martapura.

Menteri (PPPA) RI I Gusti Ayu Bintang Darmawati menjelaskan, Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah ASEAN Ministerial Meeting on Woman (AMMW) Ke-4 yang bertujuan untuk menentukan kebijakan perlindungan perempuan di negara-negara ASEAN dan salah satu rangkaian kegiatannya adalah pemberian Anugerah Parahita Ekapraya 2020.

"Ada 13 kementerian/lembaga, 29 provinsi, dan 266 kabupaten/kota yang menerima penghargaan APE 2020. Tentu harapan kami terus meningkat di masa mendatang. Kehormatan bagi Indonesia, pemberian penghargaan APE tahun ini sebagai bagian dari rangkaian ASEAN Ministerial Meeting on Women (AMMW) Ke-4," sebutnya

Diharapkan, praktek-praktek baik dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender di Indonesia menjadi sarana pembelajaran bersama negara ASEAN dan turut meningkatkan pelaksanaan pengarusutamaan gender Indonesia.

Kepala DP2KBP3A Banjar Siti Hamidah menjelaskan Anugerah Parahita Ekapraya merupakan ukuran penghargaan diberikan kepada pemda yang berkomitmen dan mendukung pelaksanaan pengutamaan gender.

Dijelaskan ada 4 kategori Anugerah Parahita Ekapraya yakni pratama, madya, utama dan tingkat mentor. Penilaian dilaksanakan 2 tahun sekali dengan 7 komponen penilaian mulai komitmen, kebijakan, kelembagaan, SDM dan anggaran, alat analisis gender, data gender dan partisipasi masyarakat. 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021