Martapura, (Antaranews Kalsel) - Tiga pasang bakal calon bupati dan bakal calon wakil bupati Banjar, Kalimantan Selatan, menjalani tes kesehatan di rumah sakit yang difasilitasi Komisi Pemilihan Umum setempat.


Ketua KPU Banjar Ahmad Faisal di Martapura, Selasa mengatakan, tiga pasang bacabup dan bacawabup menjalani tes kesehatan pada tanggal 28-30 Juli 2015.

"Tiga pasang bakal calon bupati dan calin wakil bupati menjalani tes kesehatan di RSUD Ratu Zalecha Martapura secara bergiliran selama tiga hari itu," ujar Faisal.

Disebutkan, pasangan pertama yang sudah menjalani pemeriksaan kesehatan yakni Fauzan Saleh dan Teja Sukmana yang maju melalui jalur perseorangan, Selasa (28/7).

Kemudian pasangan Khalilurahman dan Saidi Mansyur yang mendapat giliran menjalani tes kesehatan, Rabu (29/7) dan Gusti Chairiansyah dengan Abdul Hadi pada Kamis (30/7).

"Mereka menjalani tes kesehatan berupa pengecekan keseluruhan dan seluruh biaya ditanggung KPU Banjar melalui alokasi anggaran yang sudah ditetapkan," ungkapnya.

Menurut dia, tes kesehatan bagi bakal cabup dan cawabup merupakan syarat wajib yang harus dijalani setiap pasangan dan apabila hasilnya kurang baik bisa menggugurkan calon.

"Inti pemeriksaan kesehatan bukan untuk mengetahui detail penyakit tapi memastikan kemampuan pasangan calon melaksanakan tugas selama lima tahun," ujarnya.

Dikatakan, pemeriksaan kesehatan melibatkan tim dokter yang hasilnya merupakan keputusan tim sehingga bisa dievaluasi KPU memutuskan siap tidaknya pasangan calon.

"Hasil pemeriksaan kesehatan yang diputuskan tim dokter menjadi acuan bagi kami memutuskan mampu atau tidak pasangan calon melaksanakan tugasnya jika terpilih," kata dia.

Sementara itu, KPU Banjar tidak menerima pendaftaran bakal cabup Gusti Abidinsyah karena kekurangan syarat dukungan Partai Golkar yang hanya diusung satu kubu.

  Sedangkan bakal cabup lain yang maju melalui jalur perseorangan Said Abdullah tidak mendaftarkan diri ke KPU hingga pendaftaran ditutup Selasa (28/7) pukul 16.00 Wita   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015