Barabai, (Antaranews Kalsel) - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan Abdul latief - A.Chairansyah disingkat "Absyah" kembali mendatangi kantor KPU untuk menyerahkan dukungan partai Gerindra yang merupakan partai tambahan.


Dukungan tersebut diserahkan oleh Ketua Gerindra Hulu Sungai Tengah (HST) Rahmadi Jingga dan Sekretarisnya, Mahmud ke KPU di Barabai, Selasa sekitar pukul 13:00 Wita.

Dukungan tersebut, sekaligus mencabut dukungan rekomendasi pusat yang sebelumnya mendukung pasangan H Harun Nurasid dan Aulia Oktafiandi atau disebut "Handal" kepada pasangan "Absyah".

Ketua KPUD HST Subhani mengatakan, dukungan tersebut telah memenuhi syarat untuk Absyah, karena lengkap ada dukungan dari pengurus Kabupaten bertanda tangan Ketua dan Sekretaris serta dilengkapi rekomendasi dari pengurus pusat ditandatangani dan berstempel basah.

"Jadi dengan telah diserahkanya dukungan ini, berarti pasangan Absyah kembali mengantongi dukungan 5 kursi di DPRD HST, setelah sebelumnya didukung PKS 3 kursi dan PBB 3 kursi yang memenuhi syarat jadi total sebelas kursi," katanya.

Sampai waktu pendaftaran berakhir, pada pukul 16.00 wita, hanya dari rombongan pasangan Absyah yang melengkapi berkas dukungan, sementara petugas keamanan dari Polres HST tampak tetap melakukan pengamanan di sekitar kantor.

Subhani juga menjelaskan, dukungan dari dua partai politik besar seperti Golkar dan PPP dipastikan belum memenuhi syarat, dikarenakan tidak terpenuhinya syarat karena sulitnya tercapai kesepakatan atau islah begitupun dukungan dan rekomendasi yang berbeda terhadap pasangan yang diusung.

Partai politik PPP di DPRD HST, mendapatkan empat kursi, namun tidak bulat dukungan baik dari kubu Romi atau Djan Farid.

Rekomendasi pusat dan Kabupaten kubu Romy telah mendukung pasangan Absyah ditambah pengurus Kabupaten yang telah memberikan tanda tangan, namun karena rekomendasi pusat kubu Djan Farid ke Handal maka oleh KPUD HST diverifikasi tidak memenuhi syarat untuk kedua pasangan.

  Nasib yang sama, juga terjadi pada partai pemenang Pemilu Golkar di HST yang memiliki delapan kursi di DPRD, selain tidak bisa mengusung, juga terjadi perpecahan dukungan dari kubu ARB mendukung pasangan Absyah tapi disisi lain pasangan Handal juga telah mendapat Rekomendasi pusat dari kubu Agung Laksno.   

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015