Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menyiapkan tempat isolasi mandiri (isoman) terpusat di Mako Satuan Brimob di Banjarbaru.

"Bangunan tiga lantai di Brimob ini tersedia 47 kamar yang siap menampung orang terkonfirmasi positif namun gejala ringan ataupun tanpa gejala," kata Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono di Banjarbaru, Jumat.

Dia mengimbau masyarakat yang terkonfirmasi COVID-19, terutama warga sekitar Banjarbaru dapat memanfaatkan tempat tersebut.

Menurut Agung, penderita COVID-19 seharusnya memang menjalani isolasi di tempat karantina khusus mengingat rawan terjadi penularan jika tetap tinggal di rumah bersama anggota keluarga yang lain.

"Kalau di tempat karantina khusus tentunya juga dapat dikontrol penanganannya seperti kebutuhan obat-obatan dan vitamin, termasuk aktivitas olahraga, untuk meningkatkan imunitas dan kebugaran selama perawatan," katanya.
Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono mengecek tempat isolasi mandiri terpusat di Mako Satuan Brimob. (ANTARA/Firman)


Meski saat ini terjadi tren penurunan kasus COVID-19 di Kalsel yang ditandai terus berkurangnya pasien di rumah sakit, Agung mengingatkan masyarakat jangan sampai lengah apalagi mengabaikan protokol kesehatan.

Selain disiplin prokes, kata dia, vaksinasi juga penting untuk membuat tubuh terjaga dari ancaman penularan COVID-19.

Ia meminta masyarakat yang belum divaksin segera mendatangi sentra vaksinasi presisi Polda Kalsel dan polres jajaran.

"Dengan turunnya kasus COVID-19 dan capaian vaksinasi sesuai target maka diharapkan level PPKM bisa turun hingga membuat masyarakat dapat beraktivitas secara normal melalui pelonggaran yang diberlakukan pemerintah," katanya.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021