Dubes Polandia, Beata Stoczynska, menjajaki peluang kerja sama dengan Pemerintah Kota Medan, terutama pengelolaan air minum, pemasangan dan penataan lampu jalan.

"Di Polandia banyak perusahaan berpengalaman di pengelolaan air minum dan penataan lampu taman," ucap Beata ketika diterima Wali Kota Medan, Bobby Nasution di Medan, Kamis.

Dubes sempat memuji lima program prioritas Pemkot Medan, yakni kesehatan, perbaikan infrastruktur, kebersihan, banjir dan penataan kawasan kota lama Kesawan.

"Program ini memang cukup baik dan memang dibutuhkan masyarakat," kata Beata.

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, mengaku pengelolaan air minum ditangani perusahaan milik Pemprov Sumut, yakni PDAM Tirtanadi walau 80 persen pelanggannya merupakan warga Medan.

Untuk pemasangan lampu penerangan jalan umum (PJU), Bobby menyebut, tahun depan Pemkot Medan merencanakan pemasangan PJU sebanyak 100-120 ribu titik.

"Saat ini sudah ada lima perusahaan berminat. Jika berkeinginan, maka Polandia juga bisa melakukan penawaran," ungkap Wali Kota Medan.

Beata pun langsung merespons tawaran ini dengan meminta Diplomat Bidang Politik Ekonomi Michal Weglarz, dan Konsul Kehormatan Polandia di Medan Dr Jonner Napitupulu untuk menindaklanjutinya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021