Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry bersama Ketua TP PKK HSS, Hj Isnaniah A Fikry, Wabup Syamsuri Arsyad dan Sekda, H Muhammad Noor MAP menyambut kedatangan Rombongan Tim Verifikasi Lapangan Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Kedatangan tim penilai ini akan melaksanakan verifikasi lapangan di Posyando Dahlia, Desa Sungai Garuda, Kedcamatan Daha Utara yang mewakili HSS dalam lomba tingkat provinsi tersebut.

"Selamat datang kepada rombongan Tim Verifikasi yang selanjutnya secara resmi kami persilahkanTim Verifikasi untuk melakukan verifikasi dan penilaian lapangan," kata Bupati HSS, H Achmad Fikry, dalam sambutan, Kamis (7/10).

Pihaknya berterima kasih atas kedatangan Tim Verifikasi, dan merasa bersyukur dan terhormat karena termasuk daerah yang Posyandunya akan diverifikasi secara langsung oleh Tim.

Dan apakah ini disebut penilaian ataupun verifikasi, yang jelas kegiatan ini sangat berarti bagi pihaknya,karena dari prosesnya inilah menjadi masukan yang berharga bagi untuk perbaikan ke depan.

Setelah Tim Verifikasi turun dan melihat langsung kondisi Posyandu Dahlia Desa Sungai Garuda, ia sangat berharap ada masukan berupa catatan-catatan yang baik yang perlu dilanjutkan dan dipertahankan, maupun hal-hal yang perlu diperbaiki.

“Bila ada masukan, silahkan sampaikan ke kader, dan jika menyangkut kebijakan daerah, tolong juga disampaikan kepada kami melalui Sekda selaku Ketua Pokjanal Kabupaten HSS," katanya.

Secara umum, Ia menjelaskan program Posyandu HSS sudah ditangani secara terpadu, di mana hampir semua OPD HSS dilibatkan didalam pembinaannya.

Bahkan dikatakannya, Posyandu bagi Pemkab HSS bukanlah program yang baru, hanya saja kini pihaknya tengah meningkatkan peran posyandu di masyarakat, termasuk untuk menekan angka stunting di Kabupaten  HSS.

Meski berharap mendapatkan penilaian yang terbaik, namun Bupati HSS juga siap menerima apapun hasil penilaian dan verifikasi langsung tim di lapangan.

“Kami tentunya optimis dan ingin menjadi yang terbaik, namun apabila hasilnya berbeda, itulah mungkin kondisi real dan potret sesungguhnya Posyandu kami di Kabupaten HSS,” katanya.

Ketua Tim Verifikasi Lapangan Lomba Posyandu Tingkat Prov Kalsel Tahun 2021, Nurul Ahdani, mengatakan Posyandu Dahlia Desa Sungai Garuda Kecamatan Daha Utara merupakan Posyandu yang kedelapan, yang diverifikasi di Kalsel untuk Lomba Posyandu ini.

Ia mengaku mendapat kehormatan karena sudah disambut dan diterima langsung oleh Bupati HSS beserta jajarannya, selanjutnya tim juga meminta izin untuk melakukan verifikasi secara langsung ke lapangan.

Walau masih dalam pandemi COVID-19, pada saat ini pihaknya tetap diarahkan untuk melaksanakan lomba ini. Lomba Posyandu Tingkat Provinsi tidak semata untuk mencari pemenang, tapi juga memberikan pembinaan.

"Ada sedikit perbedaan pelaksanaan Posyandu di masa pandemi, berbeda dari biasanya, ada poin tambahan yang cukup besar, yakni bagaimana kader-kader Posyandu dan masyarakat sekitarnya melaksanakan protokol kesehatan di saat kegiatan Posyandu sedang berlangsung," katanya.

Menurut dia, sudah melakukan bedah dokumen, dan sudah mendengarkan pemaparan dari setiap kader Posyandunya. Bahkan angkanya sudah ada di tangan tim penilai.

Namun karena ini bersifat pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraannya langsung ke masyarakat, maka nilai tadi juga harus tetap diverifikasi dan dikroscek di lapangan.

Hingga akhirnya nilainya tadi juga terbukti di lapangan, dalam verifikasi ini tim melibatkan semua sektor yang tergabung dalam Tim Pokjanal Tingkat Prov Kalsel dan itu menjadi acuan sistem penilaian dari tim.

Terkait dengan penilaian bedah dokumen dan pemaparan kader yang telah dilakukan, ia mengatakan Posyandu Dahlia termasuk Posyandu yang mendapat nilai tinggi.

"Sekarang tinggal verifikasinya di lapangan, di mana kami juga memberikan penilaian kepada kader terbaik, yang mana menjadi salah satu pertimbangannya adalah masa kerja kader tersebut," katanya, yang juga menjabat Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel.

Turut hadir, Tim Pokjanal Kab HSS, Kepala PMD HSS, Susilo Adianto, Kepala Dinas Pertanian, H Muhammad Noor SP, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, H Akhmad Mawardi, Perwakilan Dinas Kesehatan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil HSS.

Baca juga: Sekda HSS kunjungi Posyando Dahlia pastikan kesiapan ikuti lomba provinsi

Baca juga: Pemkab HSS terus dorong percepatan vaksinasi COVID-19

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021