Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) mendapat hibah Barang Milik Negara (BMN) Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), di halaman Pondok Pesantren Darul Amin, Teluk Labak, Daha Utara, Selasa (5/10) pagi.

Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Operasional (Basto) sebagai syarat memenuhi proses hibah BMN dilakukan Bupati HSS, H. Achmad Fikry, dengan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, melalui Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel), Dardjat Widjunarso.

"Pemkab HSS mendapat hibah dengan nilai tunai Rp 5.891.421.234 dari pekerjaan Bidang Pengembangan Sarana dan Prasarana Pendidikan, Olahraga dan Pasar serta Bidang Sanitasi di Tahun 2021, kata Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel, Dardjat Widjunarso.

Dijelaskan dia, hibah dengan nilai Rp5 miliar lebih ini terdiri dari lima kegiatan, dua untuk pondok pesantren dan tiga  paket untuk SMP dan SD, semua kegiatan sudah selesai dan bisa dipergunakan, dan hari ini pihaknya serahkan kepada Pemkab HSS.

Bupati HSS, H Achmad Fikry  mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel, yang telah memfasilitasi pembangunan sarana pendidikan untuk dua pondok pesantern dan tiga sekolah.

“Alhamdulilah, ini sangat membantu kami dan mudah-mudahan ada lagi kesempatan untuk membangun lagi di HSS,” katanya.

Khusus untuk Ponpes Darul Amien, ia meminta kepada Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel untuk bisa membangunkan rumah susun untuk para ustad.

Selain itu, juga untuk pembangunan SDN Hakurung, Ia berharap mendapat dukungan pembangunan dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kalsel.

“Untuk lahan sudah tersedia dan Insya Allah kami juga akan usulkan untuk pembangunan sanitasi di pondok-pondok pesantren karena ini sangat penting bagi kesehatan mereka,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, bupati bersama dengan kepala balai berkesempatan meninjau salah satu paket pekerjaan yang selesai dikerjakan, yaitu MCK untuk santri di Ponpes Darul Amien,

Turut hadir, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten HSS, H Muhammad Noor, pimpinan Ponpes Darul Amien dan para kepala OPD terkait.

Baca juga: Sidang komisi irigasi bangun sinergitas antar pihak berwenang

Baca juga: Proyek jalan lingkungan wujud perhatian pemerintah untuk hajat masyarakat

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021