Jajaran Kodim 1008/Tabalong mengikuti HUT TNI ke-76  yang dipimpin Presiden Joko Widodo secara virtual dari Makodim, Selasa (5/10).

Dilaksanakan secara sederhana, peringatan HUT TNI ke-76 turut dihadiri Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani, Wabup Tabalong H. Mawardi, Ketua DPRD Tabalong H. Mustofa, Kapolres Tabalong AKBP Riza Mutaqin, Kajari Tabalong Ridosan dan Ketua PN Tanjung Wisnu Widiastuti.

Mengingat masih dalam masa pandemi COVID-19, pelaksanaan upacara peringatan HUT TNI menerapkan protokol kesehatan dengan jumlah tamu terbatas.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengibaratkan perang melawan COVID-19, seperti perang yang berlarut-larut yang juga sangat menguras tenaga dan membutuhkan kewaspadaan serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Bila diibaratkan sebagai perang, melawan virus COVID- 19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut. Perang yang sangat menguras tenaga, menguras pikiran, mental dan semangat juang. Perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan sinergi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi," ujar Jokowi.

Namun demikian kata Jokowi, keberhasilan bangsa Indonesia dalam penanganan pandemi COVID-19 tak terlepas dari peran besar TNI.

Jokowi mengatakan TNI selalu menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan selamat Hari Ulang Tahun ke-76 Tentara Nasional Indonesia.

Rakyat bangsa dan negara kata Jokowi juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI, yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan pancasila dan UUD 1945 serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan.

 "Sekali lagi selamat HUT 76 TNI, selamat bekerja dan mengabdi untuk nusa dan bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa selalu bersama kita. Dirgahayu TNI bersatu berjuang kita pasti menang," katanya.

Sementara itu Komandan Kodim 1008/Tabalong Letkol Inf Ras Lambang Yudha dalam amanatnya mengatakan, untuk menjaga dan menciptakan stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten Tabalong.

 Pihaknya siap bersinergi dengan Polres Tabalong, Yonif 621/Mtg dan Subdenpom Tanjung termasuk instansi terkait lainnya dengan harapan selalu tercipta wilayah Tabalong yang aman dan kondusif.

Terlebih dalam hal penanganan covid-19, sangat menuntut sinergitas bersama yang mana membutuhkan persatuan dan perjuangan dalam memutus mata rantai maupun menekan perkembangan lajunya pandemi di wilayah.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Dengan harapan warga kita segera terbebas dari wabah pandemi serta pulihnya perekonomian masyarakat.

Pidato Presiden tadi sesuai tema HUT TNI kali ini, “Bersatu, Berjuang, Kita Pasti Menang” ini dihadapkan dengan potensi ancaman yang ada pada saat ini di masa pandemi.

“Pandemi saat ini meski menurun tetapi masih ada. TNI sebagai salah satu pilar terdepan selalu siap bersatu, berjuang dan bersinergi dengan semua elemen Pemerintah daerah kepolisian dan masyarakat” ucap Ras Lambang.

Usai upacara virtual, dilanjutkan dengan syukuran bersama.

Secara terbatas, syukuran juga dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021