Jelang HUT ke-76 TNI, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, telah memberikan vaksinasi COVID-19 kepada 14.457 orang.

"Alhamdulilah serbuan vaksinasi maritim terus kami laksanakan dengan menyasar warga pesisir dan yang bekerja di sektor maritim," kata Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr Hanla, Sabtu.

Pada momen menyambut hari spesial lahirnya TNI pada 5 Oktober, Lanal Banjarmasin pun semakin menggencarkan vaksinasi ke masyarakat. Bahkan sistem jemput bola dilakukan.

"Selain dilaksanakan di Mako Lanal secara rutin, kami juga mendatangi kawasan pelabuhan hingga tempat pelelangan ikan yang jadi berkumpulnya para nelayan agar bisa mendapatkan vaksinasi COVID-19 secara mudah," tutur Herbi.

Vaksinasi sektor maritim diharapkan mendukung aktivitas ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi. Sehingga tercipta kekebalan komunitas agar penularan COVID-19 dapat ditekan.

Lanal Banjarmasin kini juga memfokuskan tambahan sasaran kepada pelajar dan mahasiswa untuk divaksinasi COVID-19 guna mendukung pembelajaran tatap muka.

Sebagaimana arahan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, seluruh jajaran TNI AL diperintahkan jemput bola ke sekolah dan kampus termasuk pondok pesantren melakukan vaksinasi.

"Kami ingatkan masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan sehingga level PPKM yang sudah turun sekarang dapat dijaga dengan kasus penularan COVID-19 semakin kecil," tandas Danlanal.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021