Bupati Banjar Saidi Mansyur memimpin upacara peringatan hari Kesaktian Pancasila 2021 di halaman Kantor Bupati Banjar diikuti unsur Forkopimda, personel TNI/Polri dan ASN lingkup pemkab setempat. 

Kegiatan yang dilaksanakan, Jumat mengusung tema "Indonesia Tangguh Berlandaskan Pancasila" berlangsung dengan tertib dan khidmat serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat sejak awal hingga berakhir.

Upacara diikuti Wakil Bupati Habib Idrus Al Habsyie, Sekda M Hilman, Ketua DPRD M Rofiqi , Dandim 1006/Banjar Letkol Inf Imam Mukhtarom, Kapolres AKBP Doni Hadi Santoso, Kajari Christianto Hartadi.

Bupati Banjar mengatakan, memaknai  hari kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober menjadi momentum untuk kembali pada nilai-nilai luhur yang terdapat dalam sila Pancasila.

"Pemkab Banjar bersama-sama unsur Forkopimda bersinergi menjaga dan melindungi seluruh masyarakat dari pihak-pihak yang ingin meruntuhkan ajaran Pancasila," ujar bupati usai kegiatan tersebut. 

Dia meminta, seluruh elemen bersama masyarakat memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa untuk mencapai pembangunan yang lebih baik melalui kebijakan dan peraturan berlandaskan Pancasila sebagai dasar negara. 

Dikatakan, melalui Pancasila sebagai dasar negara kita bisa hidup rukun dan damai disisi lain kita semua wajib mengenang para pahlawan yang telah gugur melaksanakan tugas melindungi negara dan dasar negara Pancasila

"Bangsa yang besar bangsa yang tidak melupakan sejarah perjuangan para pahlawan dan melalui peringatan ini masyarakat harus menyadari betapa penting Pancasila sebagai pedoman berbangsa dan bernegara," katanya. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021