Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Tanah Laut, Kalimantan Selatan Hairul Rijal mengatakan, generasi penerus perlu didukung  pemerintah maupun masyarakat, agar menjadi sumber daya manusia (SDM) handal dan berkualitas. 

"Tujuan pelaksanaan pelatihan ini untuk peningkatan kompetensi bagi Ketua Karang Taruna agar dapat meningkatkan potensi, pencegahan dan penanganan permasalahan sosial, pengembangan nilai-nilai kepeloporan melalui kemampuan SDM, sumber daya alam (SDA) dan teknologi didesanya masing - masing,"ujar Bupati Tanah Laut HM Sukamta diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Tanah Laut Hairul Rijal pada Pelatihan Pengelolaan Manajemen Karang Taruna se-Kabupaten Tanah Laut  Tahun 2021, di Balairung Tuntung Pandang, Rabu (29/9).

Plt Kepala Dinas Sosial Tanah Laut juga
menyampaikan, Karang Taruna merupakan salah satu wadah untuk menciptakan hal positif dan  bermanfaat dalam menciptakan keselarasan dan kesejahteraan sosial di masyarakat.

"Keberadaan Karang Taruna inilah yang dimaksudkan untuk menampung aspirasi masyarakat,  khususnya generasi muda dalam rangka mewujudkan rasa kesadaran dan kepedulian sosial terhadap masyarakat,"tegas Hairul Rijal.

Pada pelatihan tersebut peserta dibekali materi tentang pemahaman Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraaan Sosial (PPKS), manajemen organisasi Karang Taruna serta fungsi dan peran Karang Taruna oleh narasumber Jajak Rohayat dari Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial  (BBPPKS) Banjarmasin wilayah Kalimantan Selatan Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. 

Pelatihan diikuti 61 orang dari perwakilan desa se-Tanah Laut dilaksanakan selama dua hari,  sejak tanggal 29 sampai 30 September 2021. 
Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Tanah Laut Hairul Rijal membuka Pelatihan Pengelolaan Manajemen Karang Taruna se-Kabupaten Tanah Laut  Tahun 2021, di Balairung Tuntung Pandang, Rabu (29/9).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021