Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, mulai mendistribusikan air bersih kepada pelanggannya di wilayah Serongga, Kecamatan Kelumpang Hilir dengan menggunakan mobil tangki.

"Karena mesin pompa yang selama ini dioperasikan untuk mendistribusikan air bersih kepada para pelanggan rusak," kata Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kotabaru Noor Ipansyah, di Kotabaru, Senin.

Dia mengakui, dengan menggunakan mobil tangki distribusi air kepada warga tidak bisa memenuhi semua keinginan para pelangganya. Karena air didistribusikan dari mobil tangki ke bak penampungan air di pinggi-pinggir jalan.

"Mudah-mudahan pekan depan, mesin pompa sudah bisa dioperasikan kembali," harap Ipansyah.

Sementara untuk pendistribusian air bersih kepada pelanggannya di wilayah perkotaan masih relatif stabil.

"Alhamdulillah debit air di bendungan dan dam masih cukup, sehingga distribusi air bersih kepada pelanggan di perkotaan masih normal-normal saja," terangnya.

Sebelumnya, Ipansyah mengatakan, pihaknya mengajukan anggaran sebesar Rp10 miliar kepada pemerintah pusat untuk membangun pengolahan air bersih atau Water Treatment Plant (WTP) dan memperbaiki layanan kepada pelanggan.

"Mudah-mudahan dana tersebut bisa direalisasikan pada APBN 2016," katanya.

Selain membangun WTP di Gunung Relly, dana sebesar Rp10 miliar itu nanti juga untuk membiayai pemasangan pipa distribusi air baku dari Gunung Mandin ke instalasi Gunung Relly.

Dengan penambahan kapasitas air baku yang akan diolah dan didistribusikan kepada pelanggan di sebagian wilayah perkotaan akan semakin luas dan berkualitas baik. Dan pembangunan instalasi air bersih di Instalasi Kota Kecamatan (IKK) Lontar, Kecamatan Pulaulaut Barat, dan instalasi air bersih di Kecamatan Sungai Durian.

Dia menjelaskan, IKK Pulaulaut Barat dan Sungai Durian mulai 2015 sudah siap menjalankan fungsi pelayanan air bersih kepada masyarakat dengan mendistribusikan air bersih.

Dia menargetkan hingga 2017 memiliki 30.000 pelanggan. Saat ini jumlah pelanggan PDAM Kotabaru sebanyak 12.000 pelanggan dari berbagai kelompok yang berada di pusat perkotaan Kotabaru dan di sejumlah kecamatan yang dilayani oleh empat Instalasi Kota Kecamatan (IKK).

PDAM Kotabaru hingga saat ini memiliki 10 unit instalasi pengelolaan air bersih dengan kapasitas 315 liter per detik yang disalurkan untuk melayani sekitar 10.000 pelanggan yang tersebar di daerah perkotaan Kotabaru.

Sedangkan untuk melayani masyarakat di daerah kota kecamatan, PDAM telah membangun empat unit Instalasi Kota Kecamatan (IKK), dengan sekitar 1.000 pelanggan.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015