Serbuan vaksin maritim TNI Angkatan Laut telah berhasil menyuntik sebanyak 14.005 warga Kalimantan Selatan (Kalsel) dari gelaran 39 kali vaksinasi.

"Alhamdulilah vaksinasi terus kami laksanakan hingga semua sasaran prioritas yaitu masyarakat maritim dan pesisir menerima vaksin COVID-19," terang Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko M.Tr. Hanla, Sabtu.

Sebagaimana arahan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, ungkap dia, masyarakat maritim dan warga di pesisir jadi fokus utama untuk percepatan vaksinasi.

Hal itu untuk membentuk kekebalan komunitas di tengah masyarakat guna mendukung aktivitas perekonomian khususnya di perairan.
Vaksinasi dilaksanakan Lanal Banjarmasin dengan menyasar warga pesisir dan pelajar. (ANTARA/Firman)


Setelah sektor maritim rampung divaksin, TNI AL melalui satuannya di seluruh Indonesia mengalihkan sasaran pelajar dan mahasiswa termasuk santri pondok pesantren.

Danlanal menyatakan vaksinasi peserta didik tersebut untuk mendukung proses pembelajaran tatap muka yang kini secara bertahap dilaksanakan.

"Kami jemput bola ke lembaga pendidikan. Harapannya anak-anak dan remaja bisa antusias mengikuti vaksinasi dengan keinginan bisa segera turun ke sekolah lagi," tuturnya.

Herbi mengingatkan pula masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan meski telah divaksin yang pada akhirnya penularan COVID-19 bisa ditekan dan level PPKM dapat diturunkan.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021