Warga Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menggagas gerakan penghijauan berupa penanaman bibit pohon di lingkungan perumahan yang banyak tersebar di daerah ini.


Gerakan penghijauan itu ditandai penanaman 250 bibit pohon di kompleks perumahan Galuh Marindu II Jalan Trikora Banjarbaru, Rabu (22/6), disaksikan Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin Noor.


"Kami sangat mendukung kegiatan peduli lingkungan ini dan mengharapkan bisa diikuti warga perumahan lain di seluruh wilayah Banjarbaru sehingga lingkungan menjadi asri, hijau dan bersih," ujar wali kota.


Camat Banjarbaru Selatan Nazmi Adhani mengatakan, penanaman ratusan bibit pohon di lingkungan perumahan itu menandai gerakan mewujudkan Kecamatan Banjarbaru Selatan Hijau yang digagas tokoh masyarakat setempat.


"Sebelumnya, gerakan ini hanya sebatas pemikiran tokoh-tokoh masyarakat Kelurahan Sungai Besar kemudian dilaksanakan secara nyata hingga lingkup kecamatan," katanya.


Menurut dia, pertumbuhan kawasan perumahan di Kecamatan Banjarbaru Selatan cukup pesat sehingga harus diimbangi penanaman pohon agar tercipta kawasan yang teduh, asri dan nyaman.


Selain menciptakan kawasan yang teduh, asri dan nyaman, penanaman bibit pohon itu juga bertujuan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat peduli lingkungan.


"Sasaran utama penanaman bibit pohon adalah fasilitas umum yang tersedia di lingkungan perumahan, tetapi bisa juga di sepanjang tepi jalan dalam kompleks perumahan sehingga kawasan semakin teduh dan asri," ujarnya.


Ia mengatakan, langkah awal Gerakan Banjarbaru Selatan Hijau ditandai penanaman bibit pohon di fasilitas umum pada empat kelurahan yang masuk dalam wilayah kecamatan setempat.


Penanaman bibit pohon di Kelurahan Sungai Besar dipusatkan di Kompleks Galuh Marindu II dengan 250 bibit pohon, sedangkan di Kelurahan Kemuning dipusatkan di lapangan Porgala dengan 100 bibit pohon.


Selain itu, di Kelurahan Guntung Paikat di Kompleks Citra Berlian dan Kelurahan Loktabat Selatan yang difokuskan menanam bibit pohon di sekitar lingkungan Masjid Al Ikhlas.


Ketua Forum RT/RW Kota Banjarbaru Iwan Setiawan mengatakan, pihaknya menyambut gembira Gerakan Banjarbaru Selatan Hijau karena mampu menciptakan suatu kawasan menjadi teduh, asri dan nyaman.


"Harapan kami, mudah-mudahan ini merupakan langkah awal menjadikan lingkungan Banjarbaru makin baik sehingga menjadi kota hunian yang semakin nyaman, maju dan berkembang," ujarnya./C

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011