Balangan - (Antaranews Kalsel) - Seorang warga negara Australia yang sedang berkunjung ke Kabupaten Balangan, Kalsel, harus dirawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balangan akibat luka bacokan di kepalanya.

Kapolres Balangan AKBP Sudrajad Hariwibowo, Minggu saat dikonfrimasi lewat telponnya mengatakan, kasus ini merupakan kasus menonjol, karena melibatkan Warga Negara Asing (WNA), sehingga akan ditangani langsung oleh Kepolisian Resor (Polres) Balangan.

"Ini merupakan tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas), pelaku melanggar pasal 365 KUHP, dengan korban warga negara asing asal Australia, saat ini korban sudah ditangani pihak RSUD Balangan, dengan luka robek di kepala dan lengan kanan," katanya.

Jordan merupakan warga negara asing yang masuk ke Indonesia secara legal melalui Kalimantan Barat, ia memiliki paspor dan sudah kita konfirmasi juga pihak Kepolisian Kalbar, termasuk kendaraan yang digunakannya.

Di tempat kejadian perkara, yaitu di Desa Ajung, Kecamatan Tebing Tinggi, ditemukan satu batang kayu ulin sepanjang 150 centimeter dengan bercak darah, kemudian ditemukan uang Rp150 ribu, ATM Mandiri dan paspor korban, kini sudah diamankan pihak Polres Balangan.

Korban atas nama Hanrahan Jordan Thomas Allan (24 tahun), warga negara Australia, dengan bahasa inggris kepada wartawan antara mengungkapkan, ia diserang oleh seseorang saat sedang beristirahat di tenda, Minggu (12/7) sekitar pukul 00.30 wita.

"Saya didatangi oleh dua orang, tiba-tiba saya langsung diserang oleh satu orang, menggunakan benda panjang, saya tidak tahu pasti benda apa, dan saya hanya tahu satu orang yang melakukan penyerangan," jelasnya sambil menahan sakit.

Ia lantas melarikan diri ke perkampungan, dan oleh warga langsung dirujuk ke RSUD Balangan, dan tiba di IGD RSUD setempat sekitar pukul 02.30 wita, dan selanjutnya akan dirujuk ke RSUD Ulin Banjarmasin, Kalsel.

Untuk barang yang dirampas lanjut Jordan, hanya satu unit sepeda motor jenis Honda GL pro warna hitam dengan nomor polisi KB 2383 SL yang dia beli dari wilayah Kalimantan Barat.

Sebelum ke Desa Ajung, Jordan mengaku sempat mampir ke Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, rencananya Jordan melakukan perjalanan dari Kalbar, kemudian Kalsel lalu ke Balikpapan, Kaltim, dengan menggunakan kendaraan roda dua.

Ini merupakan pertamakalinya dirinya memasuki pulau Kalimantan, sebelumnya warga Australia dan warga negara asing lainnya sudah pernah ke Kalimantan bahkan ke Balangan, namun mereka aman-aman saja, karena itulah saya ingin mencoba bertualang ke Kalimantan, ungkapnya

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015