“Alhamdulillah, Kami bisa beribadah dengan nyaman dan tentram” Ucap Hamid tokoh masyarakat Desa Aluh-Aluh Besar.

Mushala menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat di nusantara, di masa pandemi tempat ibadah ini berperan dalam menjaga kesehatan mental melalui mendekatkan diri dengan Maha Pencipta.

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah sehari-hari, mushola juga menjadi tempat kegiatan agama lainnya seperti pengajian, TPA dan kesenian rebana.

 Sama halnya dengan Mushala Al Karomah di Desa Aluh-Aluh Besar, tempat ibadah ini menjadi fasilitas utama bagi masyarakat sekitar untuk menjalankan kegiatan keagamaan.

Seiring dengan usia Mushala yang tergolong tua, beberapa komponen bangunan seperti plafon mulai rusak ditambah terasnya yang kecil tidak mampu menampung banyak warga saat acara keagamaan.

 Hamid salah satu tokoh masyarakat Desa Aluh-Aluh Besar menuturkan kendala yang dulu mereka alami ialah terkait kebersihan Mushala lantaran kondisi plafon sudah tidak layak pakai.

“Kendala kami sering terdapat kotoran cicak di karpet karena plafonnya kurang baik, ini mengurangi kenyamanan kita ketika ibadah," ungkap Hamid  

Selain plafon, teras yang dimiliki mushala pun tergolong sangat kecil sehingga kapasitasnya tidak bisa menampung banyak warga ketika ada kegiatan keagamaan yang besar.

PT Sarana Daya Mandiri salah satu anak perusahaan Adaro Logistics melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) pada pilar Adaro Nyalakan Budaya, memberikan kepedulian kepada masyarakat sekitar wilayah operasional.

Kali ini Adaro berinisiatif untuk membantu renovasi Mushala Al Karomah, bantuan yang diberikan berupa material bangunan seperti ulin, triplek, cat dinding dan bahan lainnya yang diperlukan warga dalam merenovasi Mushala tersebut.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Berbekal kemampuan tukang bangunan, renovasi Mushala pun dilakukan secara partisipasif oleh warga Desa Aluh-Aluh Besar.

Hamid dan warga lainnya mulai melakukan renovasi sejak Maret dan berhasil diselesaikan pada April 2021.

 “Kami mewakili warga Desa Aluh-Aluh Besar sangat senang dan berterimakasih atas bantuan yang diberikan perusahaan," tutur Hamid .

Lebih lanjut ia berharap mushala ini menjadi tempat ibadah yang nyaman serta bisa memotivasi warga untuk lebih meningkatkan kegiatan keagamaan di fasilitas umum ini.

Di lain tempat CSR Adaro Logistics, Yayan menyampaikan bantuan ini bentuk komitmen dan silaturahmi perusahaan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan, ia berharap bantuan ini bisa menyalakan energi positif dalam bidang keagamaan di masyarakat sekitar.

“Semoga bantuan ini bisa semakin bermanfaat bagi masyarakat Desa Aluh-Aluh Besar khususnya dalam bidang keagamaan” tutupnya.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021