Bupati Banjar Saidi Mansyur melepas rombongan petugas atau relawan pengantar bantuan pascabencana banjir Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah di Halaman Mahligai Sultan Adam Martapura, Kamis.

Bupati mengatakan, bantuan berasal dari kolaborasi antara Pemkab Banjar melalui BPBD dan Dinas Sosial untuk membantu meringankan beban korban banjir dengan Gerakan Pramuka Kabupaten Banjar.

"Relawan yang dikirimkan dan bantuan yang disalurkan merupakan kali kedua setelah sebelumnya juga dikirimkan dan ini semua sebagai aksi peduli semua pihak terhadap sesama yang terkena bencana," ujarnya. 

Ia mengharapkan, penyaluran bantuan berjalan lancar dan mudah selain diberikan keselamatan hingga kembali pulang ke Martapura dan semuanya harus menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19. 

Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Banjar Ikhwansyah mengatakan, penyerahan bantuan pascabanjir sebagai bentuk aksi Pramuka Peduli meringankan beban masyarakat yang menjadi korban bencana alam itu.

"Bantuan yang disalurkan sebagai bentuk kepedulian terhadap korban banjir dan diharapkan bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka yang terdampak bencana alam itu," ucapnya. 

Disebutkan, bantuan yang diberikan berupa sembako dan logistik yakni beras 1 ton yang dikemas dalam 140 bungkus ukuran 10 liter dan mie instan 100 bungkus, kemudian berbagai kebutuhan sembako.

Jenis sembako seperti gula, teh, sirup, abon, mie instan, minyak goreng dan lainnya yang dibeli langsung di pasar tradisional di wilayah Kabupaten Banjar sehingga dapat membantu perekonomian masyarakat. 

Dikatakan, petugas atau relawan yang diberangkatkan ke Katingan adalah relawan Kwarcab Pramuka sebanyak 7 orang, BPBD Banjar 6 orang dan Dinas Sosial ada 2 orang menggunakan alat transportasi darat 6 buah mobil.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Banjar sekaligus Ketua Mabicab Pramuka Banjar atas dukungan dan mohon doanya agar berangkat selamat dan pulang juga dengan selamat," ucapnya. 

Bupati saat pelepasan menyerahkan bantuan simbolis ke Ketua Kwarcab Kabupaten Banjar diwakili Muhammad Fajri disaksikan Kepala Pelaksana BPBD Banjar Irwan Kumar dan Kepala Dinas Sosial Banjar Ahmadi.

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021