Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, bekerja sama dengan Polres setempat menggelar tes urine terhadap para sopir bus dan angkutan umum di terminal.


Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kotabaru Rudy Suryana didampingi Sekretaris BBNK Kotabaru, AKP Sigit Chahyono, di Kotabaru, Rabu mengatakan, tes urine ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah peredaran narkoba pada para sopir yang akan mengangkut penumpang pada arus mudik.

"Dengan tes urine ini pula, kita berharap masyarakat atau para pemudik bisa lebih nayaman dan aman selama dalam perjalanan," kata Sigit.

Kasat Narkoba Polres Kotabaru AKP Ubaldus Delo menambahkan, tes urine akan dilakukan di Terminal Induk Pal Enam Stagen, dan Terminal Angkutan Pedesaan di Pulau Laut Utara Kotabaru.

"Kenyamanan dan kemanan selama dalam perjalanan, salah satunya bisa diperoleh dari sopir yang profesional dan sopir yang terbebas dari penggunaan narkoba," jelasnya.

Sebaliknya, tidak sedikit jumlahnya jatuhnya korban jiwa karena kecelakaan lalu lintas di mana sopir yang mengemudikan dalam kondisi mabuk atau mengkonsumsi narkoba.

Selain melakukan tes urin terhadap para sopir, untuk mencegah peredaran narkoba BNNK Kotabaru juga bekerja sama dengan perguruan tinggi Politeknik Kotabaru untuk menggelar tes urine bagi para dosen dan mahasiswa.

  BNNK juga bekerja sama dengan Polres Kotabaru, menggelar tes urine bagi anggota Kepolisian, dan TNI Angkatan Laut serta pihak-pihak lainnya.    

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015