Tanjung, (AntaranewsKalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Arifin meresmikan pembangunan ruas jalan Tanjung-Muara Uya Kabupaten Tabalong yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalsel, Senin.

Peresmian pembangunan ruas jalan Tanjung-Muara Uya yang mengalami longsor di sejumlah titik ini dilaksanakan saat kunjungan kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan ke Kecamatan Haruai.

"Pembangunan ruas jalan Tanjung-Muara Uya ini diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, sekaligus memperlancar aktivitas warga lokal," jelasnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Selatan Martinus mengatakan pembangunan ruas jalan Tanjung - Muara Uya menggunakan dana APBD provinsi Kalsel sebesar Rp32,6 miliar.

Mencakup kegiatan pelebaran pengerasan jalan lama dengan beton sepanjang 1,5 kilometer serta pelapisan permukaan jalan dengan hotmix sepanjang dua kilometer di Desa Halong dan Desa Nawin.

"Selain pelebaran jalan, kita juga melakukan penanggulangan longsor dengan pile slap (pondasi menyerupai jembatan) di Desa Halong sepanjang 150 meter dan Desa Bongkang 100 meter," jelas Martinus.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani mengungkapkan dengan adanya kegiatan pembangunan jalan Tanjung - Muara Uya diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut.

"Saat ini pertumbuhan ekonomi di wilayah Haruai khususnya jalan lama antara Tanjung - Muara Uya cukup lambat dan adanya perbaikan jalan diharapkan bisa menghidupkan kembali perekonomian masyarakat setempat," katanya.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015