Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan syukuran dan sholat hajat tiga tahun kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati (Wabup), H Achmad Fikry dan Syamsuri Arsyad, di pendopo kabupaten setempat.

Penceramah, Ustadz Zaki Mubarak, di Kandangan, mengatakan salah satu nasehat Abah Guru Kapuh, yang perlu diingat adalah manusia itu mulia karena akhlaknya, bukan karena kekayaannnya, bukan karena jabatannya.

"Juga bukan karena kepintarannya, banyak orang kaya tapi akhlaknya tidak baik, tidak dihormati orang, serta orang pintar berpendidikan tinggi, tapi akhlaknya tidak baik juga tidak dihormati orang," katanya, dalam tausiyah, Minggu (19/9) malam.

Dan sebaliknya banyak orang miskin dan berpendidikan sederhana, tapi akhlaknya baik dan mulia maka disayangi dan dihormati banyak orang.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, mengucapkan terima kasih kepada para alim ulama dan tuan guru, meskipun jumlah diundang sangat terbatas berhadir dalam kegiatan ini.

Dijelaskan dia, pembatasan undangan dilakukan karena jajaran Sekretariat Daerah menerapkan protokol kesehatan yang ketat, sehingga tidak bisa mengundang banyak orang seperti sebelum terjadi pandemi.

Selama tiga tahun tidak terasa dirinya bersama wabup melaksanakaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Namun tiga tahun itu separuhnya dengan pandemi COVID-19, ini tentu sangat mempengaruhi kebijakan-kebijakan pemerintah, tidak saja di internal pemerintah daerah tetapi juga menyangkut masyarakat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada para alim ulama, tokoh-tokoh masyarakat yang selama tiga tahun terus bersama kami memberikan dan saran, masukan," katanya.

Menurut dia, sinergitas ini dilakukan untuk mewujudkan visi HSS 2018-2023, yaitu mewujudkan masyarakat cerdas, inovatif, teknologis dan agamis, menuju masyarakat yang sejahtera dunia dan akherat.

Meskipun diera tiga tahun ini juga banyak kehilangan para alim ulama, baik ulama yang ada di Kandangan maupun ulama di luar Kandangan.

Berpulangnya para ulama begitu terasa, karena selama saat ini juga beliau-beliaulah yang selalu memberikan nasehat- nasehat kepada pihaknya.

"Kami sadar itu kehendak Allah dan kami berharap para tuan guru dan alim ulama yang ada tetap memberikan saran, dan masukannya kepada kami, untuk menciptakan visi sejahtera dunia akherat," katanya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan untuk Wabup HSS selama tiga tahun bersama isteri mendampingi kami, dengan penuh suka dan duka banyak program program yang dilakukan bersama dan sangat terbantu karena sudah didampingi.

Dirinya dari tahun 2021 ini sudah 41 tahun mengabdi di HSS, dari ASN sampai menjadi bupati, 30 tahun didampingi isteri, dan isteri sangat mendukung tugas yang diemban, disamping pula dukungan keluarga.

Jajaran pemerintah daerah, dari sekda, asisten, staf ahli, kepala dinas, badan dan kantor, para camat, sangat membantu dalam wujudkan misi-visi, dan dengan kebersamaan ini maka akan dapat melalui berbagai persoalan yang ada.

"Mohon doa restu, mudah-mudahan kami berdua bersama wabup, bisa meneruskan tugas-tugas sampai akhir masa jabatan tahun 2023," katanya.

Pihaknya ingin keberhasilan pembangunan HSS menjadi keberhasilan bersama, kekurangan pun menjadi kekurangan yang bersama-sama dibenahi.

Ia memohon maaf kalau selama tiga tahun bersama ada yang kurang berkenaan, mungkin kebijakan kebijakan dinas dan badan yang tidak mengenakan.

Tidak ada hal yang dimaksud tidak mengenakkan, tapi keadaanlah yang mengharuskan mengambil kebijakan-kebijakan yang mungkin dalam tanda petik tidak sesuai dengan harapan.

"Sekali lagi mohon do'anya, mudah-mudahan memasuki tahun ke empat dan tahun kelima dapat berjalan dengan lancar dan lurus, juga supaya pandemi COVID-19 dapat segera berakhir, "katanya.

Turut hadir, Sekda HSS, H M Noor, Ketua TP PKK HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry, Wakil Ketua PKK HSS Srie Astuti Syamsuri Arsyad, asisten, staf ahli, kepala OPD, dan para camat.

Baca juga: Pertamina kembangkan program langit biru dan pertashop di HSS

Baca juga: Sidak di Pasar Los Batu Kandangan pastikan ketersedian dan harga bahan pokok

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021