Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Kepolisian Sektor (Polsek) Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melakukan pembinaan terhadap masyarakat Desa Sejahtera Rt 05 terkait peningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat "Kamtibmas" di kota setempat.

"Pembinaan masyarakat itu di lakukan dalm kegiatan nongkrong bareng masyarakat yang merupakan program Polda Kalimantan Selatan di mana Polres Tanah Bumbu sebagai piloting projek program tersebut guna dikembangkan ke seluruh Polsek yang ada di Tanah Bumbu,"kata Kapolsek Simpang Empat AKP Victor Berliyanto di Batulicin, Sabtu.

Dalam kesempatan nongkrong bareng itu polisi memberikan pembinaan dan sosialisasi terhadap masyarakat setempat, agar selalu memberikan pengawasan terhadap anak-anaknya yang masih di bawah umur agar tidak meenggunakan kendaraan bermotor roda dua sebelum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dari pihak yang berwenang.

Tidak hanya itu polisi juga memberikan pengarahan kepada pemuda dan para pelajar melalui orang tua mereka mengenai bahayanya minuman keras, narkoba dan barang lainnya yang bisa memabukan seperti lem fox yang di salah gunakan dalam penggunaannya.

"Dengan kegiatan nongkrong bareng ini kami bisa lebih akrab dengan masyarakat dan bisa mengerti apa yang diharapkan masyarakat kepada pihak kepolisian terkait situasi dan perkembangan suatu daerah," tutur perwira muda itu.

Terus dikatakannya, program kegiatan nongkrong bersama itu memiliki tujuan utama yaitu merangkul masyarakat di kelurahan maupun desa agar proaktif dalam mendukung setiap kinerja kepolisian di lapangan.

Selain itu untuk menumbuhkan rasa kerja sama antara polisi dan masyarakat guna meningkatkan dan menciptakan suasana aman, nyaman serta kondusif.

Terus dikatakannya, dalam kegiatan yang dilakukan pada Jumat (03/7) malam yang berahir sekitar pukul 23.00 Wita dihadiri oleh para tokoh masyarakat, agama, dan pemuda setempat dengan jumlah yang hadir sekitar 35 orang.

Victor sapaan akrab Kapolsek Simpang Empat terus mengatakan, pihaknya juga memberikan arahan kepada seluruh ketua Rt desa setempat agar melakukan pendataan secara berkala terhadap para pendatang yang menginap maupun bertempat tinggal tidak tetap (kontrak).

"Tujuan dari pendataan tersebut untuk mengantisipasi dan mengetahui setiap orang apabila terjadi kriminalitas dan peredaran Narkoba yang selama ini meresahkan masyarakat," kata perwira muda lulusan Akpol angkatan 2010 itu.

Kegiatan nongkrong bareng masyarakat seperti ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan guna meningkatkan hubungan yang erat masyarakat dengan pihak kepolisian.

Bersamaan acara tersebut polisi juga menggelar kegiatan tanya jawab serta mendengar keluhan apabila ada hal yang ingin disampaikan maka bisa langsung diutarakan dalam acara tersebut.

Sebagaimana diketahui kegiatan nongkrong bareng tersebut turut melibatkan kehadirannya Kapolsek Simpang Empat AKP Victor Berliyanto, Kanit Binmas IPDA Pol Beno, Babin Desa Sejahtera BRIPKA Pol Ruslan serta Perwakilan Danramil SERKA Subadri dan Kepala Desa Sejahtera H.Salam.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015